Produk-produk unggulan ekspor ditampilkan dalam tujuh zona produk. Di antaranya, Food & Beverages, Home Living, Digital & Services, Beauty & Personal Care, Chemical, Energy & Industrial Product, Medical Equipment & Healthcare, dan Fashion, Textile & Accessories.

 

Pameran dagang internasional itu, juga menyelenggarakan program bisnis matching, bisnis konseling, seminar internasional, dialog bisnis dan misi dagang mancanegara dan lokal buyers. Lainnya, ada Jakarta Muslim Fashion Week pada 19-21 Oktober 2023.


Zulkifli Hasan menegaskan, pihaknya terus bekerja keras untuk mengembangkan bukan hanya pasar-pasar tradisional, tetapi juga pasar-pasar nontradisional yang baru seperti India, Malaysia hingga Afrika. Ia berharap dapat terus meningkatkan kolaborasi dan kerja sama yang sudah terjalin baik untuk meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia.

 

"Kalau kita ingin menjadi negara maju, memang syaratnya harus paling kurang ada yang diakui dunia, apa itu? Ya, produk-produk kita. Artinya ekspor kita kalau bisa menguasai dunia, barulah 2045 kita jadi negara maju," katanya Zulkifli Hasan. ***