EmitenNews.com - Trans Studio Mall Makassar terbakar, Senin (24/4/2023) petang, pukul 18.30 Wita. Mall di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, diduga terbakar akibat terjadinya korsleting listrik. Sampai pukul 19.00 WIB, atau 20.00 Wita petugas masih mengevakuasi pengunjung yang terjebak dalam gedung. Sedikitnya tiga lantai yang terdampak kebakaran, lantaran gedung tertutup hingga api cepat menyebar.

 

Kepada pers, Direktur Utama Trans Kalla Makassar, Max Kambuan mengungkapkan, api bermula dari korsleting listrik dari lokasi swafoto untuk pengunjung. "Memang ada kita buat foto booth atau swafoto untuk pengunjung, memang terbuat dari kertas. Banyak pengunjung yang pegang itu dan disitu kan banyak kabel akhirnya korsleting."

 

Pihak Damkar Makassar dan aparat TNI-Polri terus melakukan evakuasi terhadap para pengunjung yang terjebak, dan sempat mengalami sesak napas. Sejumlah pengunjung terjatuh, dan sempat terinjak-injak pengunjung lain saat semuanya berlari untuk menyelamatkan diri. 

 

Puluhan armada dari dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar sudah berada di lokasi kebakaran. Para petugas Damkar berusaha melakukan evakuasi dengan tangga bagi para pengunjung yang terjebak. Rencananya mereka akan dievakuasi dari balkon gedung. 

 

Terdapat puluhan pengunjung yang terjebak di atas gedung.  Ambulans juga sudah disiapkan petugas bagi para pengunjung mall yang membutuhkan penanganan medis. Para pengunjung yang terjebak di balkon gedung juga meminta tabung oksigen lantaran ada beberapa pengunjung mengalami sesak napas. 

 

Salah satu pengunjung asal Takalar, Sulsel, mengungkapkan, lima orang kerabatnya termasuk sang keponakan yang masih anak- anak terjebak di atas gedung. "Masih ada keponakanku lima orang diatas, sama bapaknya." ***