EmitenNews.com - Bank Mega (MEGA), saat ini menjadi salah satu institusi keuangan pertama Indonesia memiliki QRIS antarnegara (Cross Border). Kondisi itu, membuat nasabah Bank Mega dapat melakukan transaksi QRIS dengan mudah melalui aplikasi mobile M-Smile saat melancong ke Thailand, Malaysia, dan Singapura.


QRIS antarnegara merupakan sistem interkoneksi pembayaran QR di negara-negara telah memiliki kerja sama, sehingga memungkinkan nasabah melakukan pembayaran di negara berbeda. Nasabah sedang berlibur di Thailand, Malaysia, dan Singapura dapat melakukan transaksi pembayaran dengan scan kode QR disediakan merchant-merchant di negara tersebut. 


Dengan begitu, nasabah kini tidak perlu repot lagi menukarkan uang rupiah ke mata uang negara-negara tersebut. Selain praktis, dengan melakukan transaksi QRIS antarnegara pada aplikasi M-Smile, nilai transaksi secara otomatis dikonversi ke dalam mata uang rupiah.


”Melalui fitur ini, kami berharap dapat memudahkan nasabah Bank Mega melakukan transaksi pembayaran antarnegara menjadi lebih cepat, praktis, dan aman,” tutur Diza Larentie, Wakil Direktur Utama Bank Mega. 


Berikut beberapa keunggulan QRIS antarnegara sudah dapat dilakukan di Thailand, Malaysia, dan Singapura. Pembayaran dapat dilakukan langsung tanpa harus menukarkan uang ke valuta asing. Di mana, nasabah hanya melakukan scan dari M-Smile dengan sumber dana tabungan rupiah. Transaksi tersebut akan langsung dikonversi otomatis ke mata uang rupiah secara real time.


Praktis, karena tidak perlu menggunakan fisik kartu tetapi hanya cukup menggunakan ponsel. Transaksi menggunakan QRIS menjadi lebih aman, karena tidak perlu membawa sejumlah uang tunai. Pembayaran dengan QRIS lebih higienis karena pembayaran dilakukan sendiri oleh nasabah dengan melakukan scan pada ponsel nasabah.


Hal lain perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi QRIS antarnegara memastikan merchant-merchant di negara tersebut memiliki logo dari lembaga saat ini menjadi mitra penyelenggara sebagai berikut. Thailand: ada logo QR diterbitkan BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK), dan Siam Commercial Bank (SCB).


Malaysia, terdapat logo QR diterbitkan DuitNow atau logo QR dari penerbit seperti CIMB Bank, Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, Maybank Berhad, Finexus, dan Hong Leong Bank Berhad.


Dan, Singapura terdapat logo NETS, dan/atau SGQR. Bank Mega akan senantiasa mendukung inisiasi Bank Indonesia untuk terus menambah negara-negara bekerja sama menerapkan QRIS antarnegara sehingga menambah kenyamanan bagi para pengguna. (*)