EmitenNews.com—PT Trisetijo Manunggal Utama telah menyiapkan dana sebesar Rp750 miliar untuk menambah modal PT Pan Brothers Tbk (PBRX).


Hal itu terungkap dalam prospektus Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue PBRX yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (3/10/2022).


Jelasnya, PBRX akan menerbitkan sebanyak 15.003.941.075 saham biasa dengan harga pelaksanaan Rp50 per lembar. Sehingga emiten garment itu berpotensi meraup dana segar sebesar Rp750,197 miliar.


Sementara itu, PT Trisetijo Manunggal Utama selaku pemegang 27,99 persen porsi saham Pan Brothers menyatakan, akan menyerap seluruh HMETD miliknya.


Tak cukup itu, Trisetijo Manunggal Utama akan mengambil sisa HMETD yang tidak ditebus pemiliknya. Sehingga pemegang saham pengendali (PSP) itu akan menguasai 78,27 persen PBRX.


“Untuk itu, Trisetijo Manunggal Utama menempatkan dana pada rekening PBRX sebesar Rp750 miliar,” tulis manajemen PBRX.


Bagi pemodal lain yang berminat menebus HMETD itu, wajib tercantum dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal 25 November 2022 dengan rasio 250 saham lama mendapat 579 HMETD.


Selanjutnya, 1 HMETD dapat diperdagangkan atau ditebus menjadi saham perseroan sejak 29 November hingga 5 Desember 2022.


Rencananya, dana hasil aksi korporasi itu digunakan untuk modal kerja, untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan, termasuk tidak terbatas pada pembelian bahan baku, biaya produksi, biaya operasional biaya pemasaran, dan lain lain.