EmitenNews.com - PT Taman Wisata Candi Borbudur, Prambanan dan Ratu Boko menggandeng PT INKA (Persero) mengembangkan moda transportasi ramah lingkungan di kawasan destinasi wisata. Hal ini dilakukan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman di Kantor Pusat PT INKA (Persero), Minggu (27/3/2022).


Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, mengatakan adanya kerja sama ini diharapkan bisa menjadi penggerak tren penggunaan moda transportasi ramah lingkungan di kawasan destinasi wisata.


“MoU TWC dengan INKA kali ini khusus untuk pengembangan moda transportasi listrik di kawasan wisata. Ke depan kita berharap kolaborasi ini tidak di TMII ini saja, namun juga sebagai awal pengembangan moda-moda, baik di dalam kawasan wisata maupun membangun konektivitas antar destinasi wisata," paparnya.


Edy menambahkan, ke depan pemerintah akan menggunakan moda transportasi yang berbasis energi terbarukan.


Edy menjelaskan, Tram Mover yang akan beroperasi di TMII berbentuk persegi panjang dan dinding berkaca lebar, sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan dengan lebih leluasa. Desain terkesan minimalis dan modern dan didominasi dengan warna merah.


Interior Tram Mover dilengkapi dengan kursi melingkar yang nyaman bagi pengunjung. Tram Mover ini nantinya akan beroperasi secara otomatis tanpa pengemudi yang dikendalikan melalui sistem Operation Control Center (OCC).


“Kendaraan Trem Mover ini kan sesuatu yang baru, baik secara teknologi maupun secara moda. Saya kira, nanti akan menarik perhatian. Terlebih saat ada delegasi G20, ini bisa menjadi sarana untuk menikmati indahnya TMII,” ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro.


Wakil Menteri II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan PT TWC sebagai BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan destinasi wisata budaya dan cagar budaya kini telah bertransformasi. Pihaknya sangat mendukung sinergi antar-BUMN kali ini untuk kemajuan teknologi dan pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya di sektor wisata.


"Saat ini, TWC bukan hanya mengelola Candi Borobudur dan Prambanan saja, melainkan juga TMII. Ke depan oleh pemerintah, PT TWC juga akan mengelola seluruh kawasan heritage, menjadi destinasi yang baru di Indonesia," kata Kartika Wirjoatmodjo.


Menurut rencana, Tram Mover ini rencananya akan di uji coba pada April 2022 dan Oktober nanti bisa beroperasi dan digunakan dalam event G20 di TMII. Selain tram mover, TWC dan INKA bekerja sama dalam pengadaan shuttle bus di TMII dan sedang melirik kerja sama pengadaan kereta gantung di Borobudur, Magelang.(fj)