EmitenNews.com - Motor listrik dalam negeri besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk. (UNTD), United E-Motor kini bisa didapatkan di store terbaru, di Jl. Inggit Garnasih No. 135, Ciateul, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk store ke-31 secara nasional ini, UNTD bekerja sama dengan PT Elektrik Kencana Nusantara (EKN) dalam menghadirkan sebuah authorized store United E-Motor terlengkap di wilayah Jawa Barat. 

Di sini tersedia beragam tipe motor listrik United E-Motor ramah lingkungan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya berperan sebagai pusat penjualan, United E-Motor memiliki lounge untuk bersantai serta lokasi untuk charging station yang bisa AWdigunakan oleh para pengguna motor listrik secara gratis.

Pembukaan store United E-Motor Jawa Barat tersebut turut dihadiri oleh Direktur UNTD, Henry Mulyadi. Dalam keterangannya, Kamis (23/5/2024), Henry Mulyadi mengapresiasi kerja sama sangat baik yang telah dibangun bersama EKN. 

“Salah satu strategi United E-Motor di tahun ini adalah ekspansi pasar di berbagai kota besar di Indonesia, dan salah satu faktor pendukungnya adalah kerja sama dengan berbagai pihak. EKN menjadi salah satu elemen penting dalam misi kami untuk membawa produk United E-Motor lebih dekat kepada masyarakat. Kerja sama yang telah dilakukan cukup baik ini diharapkan bisa terus berkembang sehingga produk motor listrik United E-Motor ini bisa menjangkau seluruh wilayah Jawa Barat,” ungkapnya.

Komisaris Utama EKN, Djekson Mari menjelaskan bahwa store United E-Motor Jawa Barat hadir sebagai jawaban terhadap kebutuhan motor listrik masyarakat Indonesia, khususnya wilayah Jawa Barat. Kendaraan listrik terlebih khusus motor listrik menjadi salah satu produk yang high prospect bagi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini dan masa datang. 

“Kami berusaha menghadirkan produk motor listrik dengan kualitas mumpuni, serta pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan. Tentunya, United E-Motor sebagai brand motor lokal sudah terbukti akan kualitasnya. Maka kami berkomitmen penuh bersama UNTD dalam menyiapkan strategi penjualan dan pemasaran yang fundamental dalam pengembangan United E-Motor di wilayah Jawa Barat,” jelasnya.

Sebagai authorized store satu-satunya untuk wilayah Jawa Barat, EKN menaungi beberapa satellite store yang telah beroperasi di beberapa area lainnya, seperti di Taman Kopo Indah (Kabupaten Bandung), Sumedang dan Tasikmalaya. Untuk sepanjang tahun 2024, EKN telah merencanakan membangun beberapa toko satelit lainnya di daerah Bandung timur hingga Cirebon.

Peran motor listrik dalam upaya penanggulangan pemanasan global 

Motor listrik menawarkan sejumlah manfaat signifikan sebagai kendaraan ramah lingkungan, terutama dalam konteks kondisi cuaca panas berlebihan yang melanda banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. 

Penggunaan motor listrik secara substansial mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh kendaraan bermesin bahan bakar fosil, yang merupakan kontributor utama pemanasan global dan perubahan iklim. Dengan mengurangi polusi udara, motor listrik juga membantu menurunkan suhu perkotaan yang sering kali dipengaruhi oleh efek pulau panas. 

Menurut penelitian dari International Energy Agency (IEA)(1), peralihan global ke kendaraan listrik dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 1,5 gigaton per tahun pada tahun 2030.

Kondisi cuaca panas ekstrim yang kini melanda berbagai negara, termasuk Indonesia, semakin sering terjadi akibat perubahan iklim. Laporan dari World Meteorological Organization (WMO)(2) mencatat bahwa tahun 2023 adalah salah satu tahun terpanas dalam sejarah, dengan banyak wilayah di Asia Tenggara mengalami gelombang panas yang intens dan berkepanjangan.

“Motor listrik punya manfaat bagus bagi lingkungan, terlebih saat cuaca panas ekstrem yang dialami beberapa negara di dunia termasuk Indonesia belakangan ini, motor listrik yang manfaatnya bisa mengurangi polusi terutama polusi udara jadi salah satu alat yang dapat berkontribusi besar dalam menghijaukan lingkungan dan menjadikan lingkungan lebih baik,“ ungkap Henry Mulyadi menyoroti manfaat motor listrik dikaitkan dengan kondisi cuaca saat ini.

Seperti dikutip dari Reuters, pada  April hingga Mei 2024, Indonesia dan beberapa negara lain mengalami suhu sangat tinggi, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, yang memicu berbagai masalah kesehatan dan lingkungan. 

Dengan demikian, adopsi motor listrik tidak hanya menawarkan solusi transportasi yang lebih bersih, tetapi juga merupakan langkah penting dalam mitigasi perubahan iklim dan pengurangan dampak cuaca ekstrem yang semakin sering terjadi. (Eko Hilman). ***