EmitenNews.com - PT United Tractors Tbk (UNTR) mendirikan perusahaan patungan bernama PT Jabar Environmental Solutions (JES). Perusahaan yang berdiri pada Rabu (17/1/2024) itu, nantinya akan melakukan kegiatan usaha pembangkitan tenaga listrik, serta treatment dan pembuangan limbah dan sampah tidak berbahaya.

 

Sara K. Loebis Corporate Secretary UNTR dalam keterangan tertulisnya Jumat (19/1/2024) menuturkan, perusahaan yang dimiliki oleh Perseroan yaitu PT Energia Prima Nusantara (EPN) mendirikan perusahaan patungan bernama PT Jabar Environmental Solutions.

 

Menurut Sara K. Loebis, EPN bersama-sama dengan Sumitomo Corporation (SC) dan Hitachi Zosen Corporation (HITZ) telah mendirikan perusahaan patungan itu, berdasarkan akta Pendirian No. 02 tanggal 16 Januari 2024. Akta dibuat Oleh Shella Falianti, SH, Notaris di Jakarta.

 

Akta Pendirian ini juga telah disetujui melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0004197.AH.01.01.Tahun 2024 tanggal 17 Januari 2024.

 

Nantinya, JES akan melakukan kegiatan usaha pembangkitan tenaga listrik, serta treatment dan pembuangan limbah dan sampah tidak berbahaya. Sumber dananya dari penyetoran modal masing-masing pemegang saham. EPN telah menyetor modal dalam JES sebesar Rp3 miliar, SC Rp6 miliar dan HITZ senilai Rp1 miliar.

 

"JES ini merupakan suatu bentuk kelanjutan langkah Perseroan secara grup untuk fokus ke arah nature based solutions, yaitu tindakan-tindakan untuk menjaga, merawat secara berkelanjutan termasuk isu terkait ESG dan emisi karbon," tuturnya.

 

Menurut Sara K. Loebis, pendirian perusahaan patungan ini tidak berdampak secara material terhadap kegiatan operasional, hukum dan kondisi keuangan UNTR saat ini. ***