EmitenNews.com - Tingkatkan terus ekspor komoditas pertanian. Demikian permintaan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, agar ekspor komoditas pertanian yang sudah berjalan baik saat ini, terus ditingkatkan oleh para pemangku kepentingan. Pada 2022, jumlah ekspor produk pertanian berkisar Rp658 triliun.

 

"Saya minta agar ekspor komoditas pertanian yang sudah baik ini dapat terus ditingkatkan," ujar Wapres ketika memberikan Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (14/8/2023).

 

Catatan yang ada menunjukkan, produksi beras pada 2022 lebih baik dari 2021, yaitu mencapai 31,5 juta ton. Pada tataran makro sektor pertanian tumbuh positif secara konsisten dengan jumlah ekspor produk pertanian pada 2022 berkisar Rp658 triliun.

 

Keberhasilan bangsa dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga komoditas pangan tidak lepas dari penurunan tingkat inflasi dan masih berada pada batas terkendali.

 

Wapres mengungkapkan, capaian tersebut tidak lepas dari dukungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah membuat program peningkatan kapasitas petugas pertanian dan mendukung reformasi regulasi.

 

"Peran yang tidak kalah penting, yaitu dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten, sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan pertanian di wilayah," kata Wapres Ma’ruf Amin. ***