EmitenNews.com—PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak perusahaannya, PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan Reposttren Holdings PTE Ltd. Perusahaan asal Singapura iniakan menjadi mitra strategis dalam pembangunan Proyek Floating Photovoltaic Plant Cilamaya sebesar 2.000 MW .


President Director WKI, Oktarina Kartifa Ayu memaparkan bahwa proyek yang akan dibangun di daerah Cilamaya, Kabupaten Karawang ini, nantinya akan mampu memproduksi  green energy  sebesar 4.000 GWh per tahun untuk mengurangi emisi karbon hingga 3,2 juta CO2/tahun.


Proyek ini dijadwalkan dapat mencapai kesepakatan PPA (purchase power agreement) pada tahun 2023. Pengerjaan konstruksi akan dilaksanakan pada 2023 - 2025 dan ditargetkan COD pada akhir tahun 2025. Nantinya WKI akan berperan sebagai mitra investasi, sedangkan WSKT akan menjadi kontraktor pembangunannya.


"Kami optimis proyek ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Indonesia, khususnya di bidang energi baru terbarukan," ungkap Oktarina dalam keterangannya, Rabu (19/10).


Oktarina menambahkan bahwa MoU ini juga merupakan salah satu bentuk akselerasi percepatan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk penyediaan tenaga listrik. Diharapkan proyek yang dikerjasamakan tersebut dapat membantu pencapaian target bauran energi nasional sebesar 23% pada 2025.


"Ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi hingga 29% pada 2030 yang merupakan upaya menuju sistem energi yang lebih berkelanjutan," ucapnya