EmitenNews.com - Waskita Karya (WSKT) memperkuat modal Trans Jabar Tol (TJT) Rp90,77 miliar. Suntikan modal itu dilakukan melalui anak usaha perseroan Waskita Toll Road (WTR). Caranya, WTR menyerap 181.552 saham yang diterbitkan TJT. 


Nilai transaksi itu, 0,46 persen dari ekuitas perseroan sebesar Rp19,93 triliun berdasar laporan keuangan konsolidasian audited per Juni 2022. Dan, nilai transaksi itu, juga 0,40 persen dari ekuitas WTR sebesar Rp22,66 triliun sebagaimana laporan konsolidasi WTR untuk tahun berakhir pada Juni 2022. 


Transaksi itu masuk ranah afiliasi karena WTR sebagai anak usaha perseroan. Di mana, perseroan memiliki 92,10 persen melakukan transaksi dengan TJT, anak usaha WTR 99,99 persen. Selain itu, transaksi tersebut masuk material karena nilai rangkaian transaksi lebih 20 persen dari ekuitas perseroan. 


Transaksi itu, dilatari untuk memenuhi kebutuhan pendanaan TJT. Dengan adanya peningkatan modal dari WTR kepada TJT itu, diharap dapat memaksimalkan kinerja usaha TJT. Selanjutnya, TJT diharap memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR. (*)