EmitenNews.com - WIR Group (PT WIR ASIA Tbk) atau (WIRG), menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2023 serta Public Expose (PUBEX) pada Jumat, 7 Juni 2024.

Sepanjang 2023, WIR Group berhasil menorehkan peningkatan laba bersih sebesar 42% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan tahun buku 2023 juga tumbuh sebesar 47% yang mayoritas dikontribusikan pada segmen pendapatan dari solusi platform digital. 

Keberhasilan WIR Group menjaga momentum pertumbuhan secara finansial juga direfleksikan dalam hasil kinerja keuangan dan operasionalnya untuk kuartal pertama tahun 2024. 

Perseroan mencatat pertumbuhan yang sehat atas pendapatannya yang meningkat sebesar 8% dari kuartal pertama tahun sebelumnya. Laba bersih Perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan itu diatribusikan pada efisiensi beban operasional serta pertumbuhan pendapatan Perseroan yang berkelanjutan dan berkesinambungan dengan tetap konsisten dalam menjaga profitabilitasnya.

Trend pertumbuhan positif WIR Group merupakan tren berkelanjutan yang selalu dijaga oleh manajemen. Hal tersebut dapat terefleksikan dari tingkat pertumbuhan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sepanjang tahun 2021-2023 dimana pendapatan bertumbuh dengan CAGR sebesar 103% dan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) bertumbuh dengan CAGR sebesar 76%.

Dalam keterangannya usai RUPST, Michael Budi, Direktur Utama WIR Group menjelaskan, “Sepanjang 2023, Perseroan sukses menjaga momentum pertumbuhan dengan sangat baik dari sisi pendapatan. Peningkatan pendapatan diiringi lompatan EBITDA, dan laba bersih. Segmen pendapatan dari solusi platform digital merupakan kontributor utama pendapatan. Solusi platform digital merupakan unit bisnis Perseroan yang memiliki dan mengembangkan platform digital berbasis AR,VR, dan AI yang memiliki skalabilitas yang tinggi dan potensi aplikasi yang luas pada berbagai macam lini industri. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi terbaik bagi klien kami. Dengan keberhasilan yang telah dicapai dan berbagai inisiatif yang sedang berjalan, WIR Group optimis akan pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pemangku kepentingan.”

  

Dalam RUPST WIRG mengumumkan keberlanjutan kepemimpinan yang telah direncanakan. Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan yang bertujuan menjadi pemain global, maka WIR Group melakukan perubahan manajemen yang diyakini akan membawa perspektif segar dan visi strategis untuk masa depan perusahaan. 

Posisi Direktur Utama saat ini dijabat oleh Stephen Budiman Ng, menggantikan, Michael Budi, yang beralih tugas menjadi Komisaris Perseroan. Selain itu terdapat alih tugas Jimmy Halim yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur menjadi Komisaris, dan juga terdapat perubahan komposisi Komisaris Perseroan. Manajemen baru diyakini dapat membawa ide-ide baru yang adaptif, pendekatan inovatif, dan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan responsivitas terhadap pasar.