EmitenNews.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) bersinergi dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP). Kolaborasi itu, untuk menggeber Kompetisi Modal Pintar. Kompetisi mendorong produktivitas dan meningkatkan level para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan. 


”Kami bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Bank OCBC NISP berkomitmen memajukan UMKM perempuan Indonesia menjadi lebih baik,” tutur Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih.


Perusahaan berharap para peserta dapat meningkatkan level usaha sehingga ekspansi lebih berkembang dan omzet makin besar, mendorong, dan memotivasi ribuan pelaku UMKM perempuan seluruh Indonesia. ”Indonesia salah satu negara dengan pengusaha perempuan terbesar dunia. Data Bank Indonesia menunjukan lebih dari 60 persen dari total UMKM Indonesia dijalankan pengusaha perempuan,” tambah Business Incubation Lead Bank OCBC NISP Altona Widjaja.


UMKM kelolaan perempuan berkinerja lebih stabil, dengan Non Performing Loan (NPL) lebih rendah, dan disiplin keuangan lebih baik. Namun, room of improvement juga besar, khususnya mengenai pengelolaan keuangan, jaringan bisnis hingga pengetahuan untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. ”Kami ingin lebih berkontribusi pada women economy (ekonomi perempuan) agar berperan lebih besar pada sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan,” imbuh Altona. 


Nah, dari 250 peserta, panitia memilih 25 peserta. Kemudian mengikuti program inkubasi manajemen bisnis selama satu bulan. Seleksi selanjutnya memilih 10 finalis dengan ide bisnis terbaik, akan mengikuti babak final di depan dewan juri. Para finalis merupakan pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha dari Jakarta, Probolinggo, Bogor, Bekasi, Sidoarjo, Surabaya, dan Bali.


Dewan juri terdiri dari Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Eni Widiyanti, Group Head Sales Medium Enterprise XL Axiata R. Wicaksono, dan Business Incubation Lead Bank OCBC NISP Altona Widjaja.


Juara 1 mendapat Rp35 juta. Juara 2 Rp30 juta, dan 3 sebesar Rp25 juta. Juara favorit social impact mendapat modal bisnis Rp10 juta. Semua pemenang akan mendapat produk khusus dari XL Business Solutions berupa XL Go dan XL Biz Starter Pack.


Kriteria penilaian meliputi model bisnis. Yaitu kematangan rancangan bisnis, ketepatan sasaran, dan seberapa realistis untuk dicapai. Selanjutnya, ada juga aspek inovasi produk  menyangkut keunikan produk atau jasa dan seberapa jauh bisa bersaing dan beradaptasi secara cepat terhadap pasar. 


Aspek manajemen keuangan, meliputi tingkat pemahaman terhadap pengelolaan bisnis yang dapat tumbuh secara berkelanjutan, serta memiliki perencanaan dan pengelolaan keuangan. Kemudian ada juga aspek strategi pemasaran, meliputi perencanaan marketing yang kreatif dan inovatif dari segi konten, juga penggunaan digital/teknologi secara online maupun offline. Terakhir, aspek dampak sosial, mencakup dampak bisnis pada lingkungan dan masyarakat sekitar. (Rizki)