EmitenNews.com - PT Xolare RCR Energy Tbk (SOLA), emiten yang bergerak di bidang perdagangan dan pengolahan aspal serta jalan konstruksi pada hari ini, Rabu (8/5/2024) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Emiten dengan kode saham SOLA ini menjadi emiten ke 24 yang mencatatkan sahamnya di BEI pada tahun ini.

Dengan IPO INI, SOLA menawarkan sebanyak 656,25 juta lembar bernilai nominal Rp20 per saham atau setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah IPO.

Aksi korporasi yang berlangsung pada 2-6 Mei 2024 tersebut membanderol harga pelaksanaan IPO Xolare senilai Rp110 per saham, sehingga Perseroan akan menggalang dana sebesar Rp72,19 miliar.

Dalam debut perdananya pagi hari ini, saham SOLA dibuka naik 34,5% ke harga Rp 148 per saham dari harga penawaran umum.

Direktur Utama SOLA, Mochamad Bhadaiwi mengatakan, sebanyak 71,22 persen dari dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk meningkatkan modal pada lima entitas usaha Xolare.

Adapun lima perusahaan tersebut adalah PT Xolabit Bitumen Industri (XBI), PT Aspal Polimer Emulsindo (APE), PT Modifikasi Bitumen Sumatera (MBS), PT Aplikasi Bitumen Indonesia (ABI) dan PT Bumiraya Energi Hijau (BEH).

Sementara itu, sisa dana hasil IPO akan digunakan sebagai modal kerja Perseroan berupa pembelian persedian aspal, biaya operasional kantor, biaya marketing hingga biaya leasing kendaraan operasional.