#
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta seluruh perbankan mulai menyalurkan kredit kepada debitur yang telah melakukan restrukturisasi maupun tidak. Kebijakan itu diperlukan untuk mendorong perekonomian domestik. OJK mencatat perkembangan restrukturisasi kredit sudah mulai melandai. (Dok. Asuransi MAG).

OJK Minta Perbankan Mulai Salurkan Kredit Kepada Debitur untuk Dorong Perekonomian
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso: sudah memonitor seluruh bank terutama kredit yang jadi segmen restrukturisasi. Struktur permodalan perbankan tidak bermasalah, dan likuiditas umum juga terjaga baik

EmienNews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta seluruh perbankan mulai menyalurkan kredit kepada debitur yang telah melakukan restrukturisasi maupun tidak. Kebijakan itu diperlukan untuk mendorong perekonomian domestik. OJK mencatat perkembangan restrukturisasi kredit sudah mulai melandai. Sebagian besar pemberian keringanan kredit ke nasabah terdampak covid-19 sudah dilakukan perbankan sejak April hingga Mei 2020.

Dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (29/6/2020), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso mengungkapkan, sampai Desember sudah memonitor seluruh bank terutama kredit yang jadi segmen restrukturisasi. Ia menegaskan, struktur permodalan perbankan tidak bermasalah, dan likuiditas umum juga terjaga baik.

Kendati begitu, Wimboh melihat pada Mei, rasio kredit bermasalah atau non performing loan sudah mulai meningkat. Peningkatan NPL menunjukkan beberapa sektor sudah mulai terkena imbas pandemi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau covid-19.

Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Teguh Supangkat  dalam webinar UMKM Gearing-Up Into New Normal bertajuk Solusi Pembiayaan, Pemasaran dan Digitalisasi, di Jakarta, Kamis (25/6/2020), menyebutkan, sampai 15 Juni 2020 sudah 102 bank yang mengimplementasikan restrukturisasi kredit. Total realisasi outstanding yang terealisasi Rp655,84 triliun.

Rinciannya, total outstanding restrukturisasi kepada UMKM senilai Rp298,86 triliun dari 5,17 juta debitur. Padahal potensi outstanding restrukturisasi Rp553,93 triliun untuk 12,69 juta debitur UMKM. Untuk kelompok non-UMKM Rp356,98 triliun dari 1,1 juta debitur. Sementara potensi restrukturisasi pada kelompok ini Rp798,59 triliun dari 2,6 juta debitur. ***

 

Check Also

OJK : Ada Hoax Ajakan Penarikan Dana di Perbankan

EmitenNews.com– Otoritas Jasa Keuangan meminta masyarakat mewaspadai beredarnya informasi hoax di sosial media yang mengajak untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: