#
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Anggota Komisioner, sebelum jumpa pers di Jakarta Rabu (24/7).(Foto:Romys)

OJK: Sektor Jasa Keuangan Terjaga Ditengah Gejolak Ekonomi Global di Semester I 2019

EmitenNews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut, stabilitas sektor jasa keuangan pada semester I tahun ini dalam kondisi terjaga, sejalan dengan kinerja intermediasi sektor jasa keuangan yang positif dan profil risiko lembaga jasa keuangan yang terkendali.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, kondisi perekonomian Indonesia disektor jasa keuangan masih positif ditengah pelambatan perekonomian global.

Wimboh memaparkan, beberapa indikator terkini ekonomi global masih mengindikasikan perlambatan. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur dan pertumbuhan ekspor negara-negara ekonomi utama dunia terpantau masih melambat.

“Kondisi tersebut semakin meningkatkan ekspektasi pasar untuk kebijakan moneter global yang lebih akomodatif terhadap pertumbuhan, sehingga berdampak pada berkurangnya tekanan likuiditas di pasar keuangan global dan mendorong kembali masuknya arus modal ke pasar emerging markets,” ujarnya di Komplek BI Jakarta, Rabu (24/7).

OJK Minta PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Laporkan Masalah Gangguan Sistem

Kasus AISA, Investor Retail Pertanyakan Tanggung Jawab OJK

 

Sejalan dengan perkembangan global tersebut, Wimboh memaparkan lebjh jauh jauh, pasar keuangan domestik mencatatkan kinerja yang positif di semester I-2019. IHSG ditutup pada level 6.358,63 meningkat sebesar 2,65 persen di semester I 2019. dengan net buy investor nonresiden sebesar Rp68,80 triliun.

Selain itu, penguatan juga terjadi di pasar Surat Berharga Negara (SBN), tercermin dari turunnya rata-rata yield SBN sebesar 57,64 bps, dengan investor nonresiden yang mencatatkan net buy sebesar Rp95,50 triliun.

“Di tengah belum turunnya ketidakpastian ekonomi global dan tensi perang dagang, OJK senantiasa terus memperkuat koordinasi dengan para stakeholder untuk memitigasi ketidakpastian eksternal yang cukup tinggi dan juga mengoptimalkan kontribusi sektor jasa keuangan dalam pembangunan,” tuturnya.

Check Also

Selain SCBD, Tiga Emiten Ini Akan Ditendang Oleh BEI

EmitenNews.com – Penghapusan pencatatan saham di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) atau delisting kembali tersorot. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *