#

Outlook Stabil, Fitch Ratings Tegaskan Peringkat PT Mayora Indah (MYOR) ‘AA(idn)’

EmitenNews.com – Fitch Ratings Indonesia telah menegaskan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Mayora Indah Tbk (MYOR), perusahaan makanan dan minuman yang berbasis di Indonesia, di ‘AA(idn)’. Outlook adalah Stabil.

Pada saat bersamaan, Fitch telah mengafirmasi Peringkat Nasional ‘AA(idn)’ untuk Program Obligasi Berkelanjutan Mayora sebesar IDR2 triliun dan obligasi ‘unsecured’ sebesar IDR550 milyar yang diterbitkan melalui program tersebut.

Penegasan peringkat Mayora merefleksikan kemampuan perusahaan dalam menjaga profitabilitas dan menghasilkan arus kas yang kuat, termasuk likuiditas yang solid dan leverage yang rendah. Profil kredit perusahaan didukung oleh pangsa pasar Mayora yang kuat dikarenakan produk-produknya yang cukup dikenal di pasar domestik dan ekspor. Peringkat memperhitungkan eksposur perusahaan terhadap fluktuasi di harga komoditi. Namun, hal ini termitigasi oleh rekam jejak perusahaan dalam menjaga margin yang stabil, didukung oleh posisinya yang unggul di pasar.

Fitch Ratings Turunkan Peringkat PT Agung Podomoro Land (APLN). Ini Penjelasan Manajemen

Lippo Karawaci Ditempatkan pada Rating Watch Positive oleh Fitch

 

Faktor-Faktor Penggerak Peringkat

Pemimpin Pasar, Merk Kuat: Kami mengharapkan Mayora dapat menjaga posisinya sebagai pemimpin pasar, di mana hal ini didukung oleh merk-merk nya yang sudah dikenal, R&D yang berpengalaman, dan periklanan yang aktif. Survey Nielsen baru-baru ini menunjukkan Mayora terus mempertahankan keunggulannya di pasar untuk sebagian besar segmen, seperti biscuit dan makanan sehat. Pengalaman yang tinggi di bidang R&D membuat Mayora dapat secara aktif merilis produk-produk inovatif sehingga dapat mengikuti tren terkini. Sebagian besar inovasi yang dihasilkan adalah varian produk di bawah merk-merk perusahaan yang sudah mapan.

Profitabilitas yang Kuat: Kami mengharapkan portofolio produk Mayora yang terdiversifikasi membuat perusahaan dapat menyesuaikan harga jual dan mempertahankan marjin, yang merupakan kekuatan utama. Kami memproyeksikan Mayora untuk menjaga marjin EBITDAR di 13%-14% untuk 2019-2021.

Kenaikan di biaya iklan membuat marjin EBITDAR marjin turun ke 13,7% di 2018 (2017: 14,9%). Namun, marjin EBITDAR membaik ke 15,8% di 1Q19 (1Q18: 13,8%) setelah perusahaan melakukan penyesuaian harga jual sebagai kompensasi, yang menunjukkan profil bisnis yang kuat. Kami mengharapkan biaya penjualan untuk naik ke 14% dari penjualan di 2019-2020 (2017: 9,2%, 2018: 12,7%) dikarenakan perusahaan akan fokus untuk menaikkan pangsa pasarnya, khususnya di pasar ekspor.

Check Also

Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) Catat Kenaikan Laba 29,78 Persen

EmitenNews.com – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mencatat pertumbuhan laba periode berjalan yang dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *