#
Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 5, ditutup Minggu (23/8/2020) dengan kuota 800 ribu peserta. (Dok. Merdeka).

Para Peserta Kartu Prakerja Bersabarlah, Pemerintah Janji Cairkan Insentif Pekan Ini
Terdapat 477.971 peserta yang telah menuntaskan satu pelatihan dan telah mendapat sertifikat. Dari jumlah itu, hanya 361.209 peserta yang telah menerima insentif. Sisanya belum dibayarkan

EmitenNews.com – Para peserta Kartu Prakeja bersabarlah. Pemerintah menjanjikan pekan ini mencairkan insentif bagi para peserta yang berhak memperolehnya. Terdapat 477.971 peserta yang telah menuntaskan satu pelatihan dan telah mendapat sertifikat. Dari jumlah itu, hanya 361.209 peserta yang telah menerima insentif. Sisanya belum dibayarkan. Itulah yang segera dituntaskan oleh pihak Kementerian Koordinator Pereknomian.

“Ada beberapa orang yang belum dibayarkan insentifnya. Ini akan kita keluarkan mungkin dalam minggu ini untuk bayarkan insentif tersebut,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin dalam video conference, Senin (22/6/2020).

Seperti diketahui Pemerintah dan manajemen pelaksana program kartu Prakerja sementara menghentikan proses pembayaran insentif kepada peserta gelombang I, II, dan III. Selain menghentikan pembayaran insentif, untuk sementara pemerintah juga belum membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang IV.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyurati Menteri Koordinator Perekonomian meminta pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV dihentikan sementara. KPK juga meminta ada evaluasi, dan pembenahan atas program yang mendapat sorotan ramai itu.

Saat ini pihak manajemen pelaksana telah meminta persetujuan Menko Perekonomian Airlangga Haratrto untuk mencairkan insentif kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan program yang merupakan realisasi janji kampanye Pilpres 2019 Presiden Joko Widodo. Dengan demikian pencairan tersebut tak perlu lagi menunggu verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Jadi, urai Rudy Salahuddin, peserta yang telah menyelesaikan pelatihannya hingga gelombang ketiga ini dan belum mendapatkan insentif, dipastikan akan mendapatkannya pekan ini. “Tidak perlu menunggu proses verifikasi pembayaran pelatihan dari BPKP. Sudah kita tetapkan dengan komite mengenai persetujuan insentif yang belum untuk batch I sampai III.”

Rudy Salahuddin mencatat dari 573.800 peserta yang telah mengikuti pelatihan program prakerja, baru 477.971 peserta yang telah menuntaskan paling tidak satu pelatihan dan telah menerima sertifikat. Dari jumlah tersebut, kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, sebanyak 361.209 peserta telah menerima insentif dengan total nilai Rp216.725 miliar.

“Segera kita keluarkan. Mungkin bisa dalam minggu ini. Masih menunggu keputusan komite untuk membayarkan insentif tersebut, sehingga tidak perlu menunggu proses verifikasi terkait dengan pembayaran pelatihan yang dilakukan oleh BPKP,” sambung Rudy.

Terkait dengan pengurangan bantuan biaya pelatihan, karena banyak permintaan terkait lebih perlunya untuk menambahkan insentif tunai dari pada biaya pelatihan, menurut Rudy, akan menunggu hasil rapat komite, apakah bisa dijalankan untuk gelombang 4, atau tetap pada pola semula. ***

 

Check Also

Rapat Hingga Tengah Malam, Baleg DPR-Pemerintah Sepakati RUU Omnibus Law Cipta Kerja jadi UU
Kedua pihak menyepakati regulasi sapu jagad itu, bisa disahkan sebagai Undang-Undang pada Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (8/10/2020). Dua fraksi –PKS dan Demokrat—menolak

EmitenNews.com – ancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja akhirnya disetujui. Gelar Rapat Kerja pengambilan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: