#
Suasana pabrik Olefins TPIA. Foto: TPIA

Pasca Kebakaran TPIA Tunjuk Mitra asal AS Tingkatkan Kapasitas Produksi

EmitenNews – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menunjuk perusahaan asal Amerika Serikat (AS) CB&I untuk kebutuhan revamp furnace pabrik Napththa Cracker. Pasca insiden kebakaran, salah satu perusahaan petrokimia Indonesia terbesar itu menunjukkan situasi aktifnya.

Dalam pengumuman resminya TPIA mengumumkan CB&I telah ditunjuk sehubungan perjanjian pasokan material untuk kebutuhan pabriknya itu. Sebelumnya, kedua pihak telah menandatangani perjanjian basic and detailed engineering services pada awal tahun ini.

”Revamp furnace ini diharapkan akan rampung pada kuartal pertama 2020,” bunyi pengumuman dari manajemen perseroan pada 5 Juli 2017.

Proyek revamp furnace milik anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT) itu akan dimulai pembangunannya pada kuartal ketiga 2018 dan akan meningkatkan kapasitas produksi Ethylene CAP dari 860KTA (kiloton per annum) menjadi 900KTA, Propylene dari 470KTA menjadi 490KTA, Py-Gas dari 400KTA menjadi 420KTA, dan Mixed C4 dari 315KTA menjadi 330KTA.

Kapasitas produksi tambahan itu diklaim akan memungkinkan TPIA untuk lebih melayani permintaan produk-produk petrokimia di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur TPIA Suryandi melalui keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 23 Juni 2017 mengumumkan bahwa Naptha Cracker milik perseroan telah kembali beroperasi secara normal. ”Hal ini disampaikan sebagai update situasi pasca insiden kebakaran minor yang terjadi pada pipa masuknya bahan baku Naphtha ke salah satu unit furnace pada Sabtu, 10 Juni 2017,” ungkapnya.

Karyawan perseroan mengalami luka bakar akibat insiden tersebut dan menjalani rawat jalan setelah menerima perawatan medis di rumah sakit. ”Manajemen juga ingin menyampaikan bahwa tidak terdapat dampak yang signifikan terhadap operasional dan biaya perseroan akibat dari insiden kebakaran minor tersebut,” akunya.

Pabrik perseroan dimaksud berlokasi di Cilegon, Banten. Perseroan tidak merinci berapa estimasi kerugian yang dialami sebagai dampak dari kebakaran tersebut.

Check Also

Menteri Keuangan Ingatkan para Youtuber agar Taat Bayar Pajak

EmitenNews.com – Para Youtuber taatlah dalam membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat …

%d bloggers like this: