#

Pefindo Tetapkan Peringkat Bank Negara Indonesia (BBNI) “idAA” Stabil

EmitenNews.com – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat “dAAA” atas PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dan Obligasi Berkelanjutan I tahap 1 tahun 2017. PEFINDO juga menetapkan peringkat “idAA” atas MTN Subordinasi I/2018. Peringkat MTN Subordinasi berada dua tingkat lebih rendah dari peringkat Perusahaan, yang mencerminkan potensi terjadinya write down atas efek tersebut jika Bank berada pada kondisi non-viable, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 11/POJK.03/2016. Outlook dari peringkat Perusahaan adalah “stabil”.

Pefindo dalam rilisnya Rabu (8/7) menyebutkan, peringkat tersebut mencerminkan tingkat kepentingan yang sangat besar (critical importance) bagi pemegang saham pengendali (Pemerintah Republik Indonesia), posisi usaha BNI yang sangat kuat, profil profitabilitas yang sangat baik didukung oleh komposisi pendanaan yang menguntungkan, serta profil likuiditas yang kuat. Namun peringkat tersebut sebagian dibatasi oleh profil kualitas aset yang moderat.

Peringkat dapat diturunkan jika terjadi penurunan yang substansial dari segi dukungan dari pemegang saham pengendali, yang dapat diindikasikan dari penurunan porsi kepemilikan secara signifikan atau pemburukan kinerja usaha BNI.

Check Also

Catatan Komnas HAM, Makin Sempit Saja Ruang untuk Menyampaikan Pendapat dan Berekspresi
Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin Al Rahab mendasarkan pendapatnya itu dari banyaknya aduan ke Komnas HAM, baik dari jurnalis maupun kalangan masyarakat

EmitenNews.com – Semakin menyempit saja ruang untuk menyampaikan pendapat dan berekspresi. Itulah yang dicatat Komisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: