#
Main Hall BEI, Jakarta. Foto : EN

Pekan Fluktuatif IHSG

EmitenNews – Fluktuasi pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) masih terjadi jelang perdagangan akhir pekan besok. Pada penutupan perdagangan hari ini (08/06) indeks pasar saham Indonesia itu turun 14,403 poin (0,252 persen) ke level 5.702,922 setelah sehari sebelumnya berhasil menguat.

Perdagangan saham hari ini relatif sepi dengan volume sebanyak 6,364 miliar dan frekuensi sebanyak 273.219 kali. Dari sisi nilai transaksi perdagangan saham hari ini hanya mencapai Rp 6,487 triliun. Nilai kapitalisasi pasar saham (market cap) turun menjadi Rp 6.216 triliun.

Sebanyak 217 saham turun dan sebaliknya sebanyak 126 saham yang berhasil menguat. Sebanyak 205 saham lainnya stagnan.

Hanya ada dua di antara total 10 indeks saham berdasarkan sektornya yang berhasil menguat hari ini. Yaitu indeks saham sektor perdagangan, jasa, dan investasi yang menguat 0,26 persen dan indeks saham sektor barang konsumsi (consumer goods industry) yang naik 0,20 persen. Selebihnya merah.

Investor asing melakukan penjualan bersih (foreign net sell) sebesar Rp 45,2 miliar hari ini.  Masih tersisa pembelian bersih sebesar Rp 20,580 triliun secara year to date sejak awal tahun sampai dengan hari ini.

Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas, William Surya Wijaya, mengatakan IHSG masih terlihat betah berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah gejolak harga komoditas. ”Pergerakan masih terlihat aman berada dalam rentang konsolidasi wajar walaupun masih terjadi gelombang capital outflow yang belum terlalu besar,” ungkapnya, sore ini.

Peluang kenaikan, menurutnya, masih terlihat  cukup besar dan momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian. Sebab, kata William, dalam rentang jangka panjang IHSG masih berada dalam jalur uptrend.

Investor dapat mencermati rilis data perekonomian, salah satunya Cadangan Devisa (Cadev) yang terlansir dalam kondisi stabil sebagai pengingat bahwa kondisi perekonomian Indonesia stabil.

Pada perdagangan akhir pekan besok IHSG diproyeksi kembali menguat. Pergerakan diperkirakan di rentang level 5.676 – 5.797.

Check Also

IHSG Naik 0,41 Persen Meski Net Sell Rp1 Triliun. Saham BBCA dan HMSP Yang Terbesar Dijual Asing Pada Perdagangan Jumat (27/11)

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga penutupan perdagangan saham Jumat (27/11) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: