#

Pendapatan Turun, Laba PT Bukit Asam (PTBA) Anjlok 44 Persen di Kuartal III-2020

EmitenNews.com– PT Bukit Asam Tbk (PTBA) hingga kuartal III – 2020 membukukan laba bersih senilai Rp 1,7 triliun atau anjlok 44 Persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai laba bersih Rp 3,10 triliun.

Dalam laporan keuangan PTBA yang disampaikan ke BEI Jumat (6/11) disebutkan, Penurunan laba bersih disebabkan penurunan pendapatan di kuartal III-2020 sebesar 20,94 persen menjadi Rp 12,8 triliun sedangkan pendapatan bersih di kuartal III-2019 mencapai Rp 16,25 triliun.

Direktur Utam Bukit Asam Arviyan Arifin menjelaskan, turunnya kinerja PTBA sepanjang tiga kuartal 2020 tidak terlepas dari melemahnya harga batubara dan melemahnya permintaan batubara. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga batubara acuan (HBA) ini merosot sekitar 24 persen dari USD 65,93 per ton pada bulan Januari 2020 menjadi USD 49,92 per ton pada bulan September 2020.

Sedangkan sepanjang 9 bulan pertama 2020, volume penjualan batubara Bukit Asam turun 9 persen secara tahunan menjadi 18,6 juta ton.

Ditambahkan, penurunan ini disebabkan sejumlah negara tujuan ekspor PTBA seperti China dan India, mengalami penguncian wilayah atau lockdown selama kuartal pertama dan kedua 2020. Selain itu, permintaan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengalami penurunan sehingga berpengaruh terhadap penjualan.

Turunnya konsumsi listrik di wilayah besar Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa dan Bali juga berdampak turunnya penyerapan batubara domestik.

“Selama tiga kuartal kami masih mencetak laba bersih di dalam kondisi yang tidak mudah, di mana banyak perusahaan, baik BUMN maupun non BUMN yang kesulitan untuk bertahan. Kami berharap ke depan, ekonomi akan membaik di kuartal keempat sehingga indeks harga batubara juga membaik,” ujar Arviyan dalam paparan publik kinerja yang digelar secara virtual, Jumat (6/11).

“Keberhasilan PTBA dalam mencetak laba juga berkat efisiensi yang dilakukan di berbagai lini, seperti melalui penerapan optimalisasi desain tambang. Selain efisiensi, emiten yang berbasis di Sumatra Selatan ini juga terus melakukan transformasi bisnis, sesuai dengan jargon yang diusung PTBA yakni Beyond Coal, ” jelas Arviyan.

 

Check Also

Menteri Keuangan Ingatkan para Youtuber agar Taat Bayar Pajak

EmitenNews.com – Para Youtuber taatlah dalam membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: