#
Pengusaha Baja Lokal Keluahkan Baja Impor Asal Chinayang Terus Menggerus Pasar Dalam Negeri

Produsen Baja Lokal Keluhkan Baja Impor Asal China

EmitenNews – Produsen baja nasional meminta dukungan pemerintah terkait kian marak serbuan produk baja impor di pasar nasional. Data The Indonesian Iron and Steel Industry Association dikuartal kedua 2017 baja impor telah menguasai 60% pangsa pasar tanah air.

Diduga praktik impor baja ini menghindari bea masuk dengan cara mengalihkan pos tarif. Hal ini kemudian membuat baja impor lebih murah. jika kondisi ini terus berlangsung akan mengancam utilisasi produsen baja nasional.

Direktur Eksekutif The Indonesian Iron And Steel Industry Association Hidayat Triseputro  mengatakan, pihaknya menyayangkan ditengah masifnya pembangunan infrastruktur,  justru kontribusi dari pemain lokal terbilang rendah. Saat ini penetrasi baja lokal hanya berkisar 40%
“produk-produk baja masih mendominasi sekitar 60 persen dari konsumsi baja nasional, tentunya itu kalo bisa dioptimalkan lagi kontrolnya sehingga porsi dari pemakaian baja lokal bisa ditingkatkan dan ini tentunya kerja keras bersama dengan pemerintah bagaimana ini bisa dioptimalkan,” ucap Hidayat Triseputro di Jakarta, Rabu (7/6).

Hidayat menambahkan, tingginya impor baja yang masuk ke indonesia khususnya berasal dari China disebabkan praktek perdagangan curang atau unfair trade termasuk unfair price yang masih terjadi.

Praktek ini berlangsung karena pemerintah setempat memberikan potongan bea ekspor terhadap ekspor baja bernilai tambah tinggi hingga 13 persen. Ini mengakibatkan perbedaan harga baja lokal dengan baja impor asal china sekitar 20 hingga 25 persen per tonnya.

South East Asia Iron and Steel Institute (SEAISI) melansir ada pergerakan cukup kuat pada permintaan baja di Asean pada semester pertama 2016 lalu sebesar 39,28 juta ton meningkat 19,3%. Lonjakan drastis ini diakibatkan rendahnya konsumsi pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu realisasi penyerapan baja lokal indonesia pada 2016 lalu mencapai 12, 7 juta ton naik dibanding 2015 sebesar 11, 4 juta ton.

penjualan baja nasional tahun ini diprediksi sebesar 13, 4 juta ton,  jika diasumsikan pertumbuhan 6 persen setiap tahunnya,  konsumsi baja indonesia akan mencapai 21, 4 juta ton pada 2025 mendatang.

 

Check Also

Menteri Keuangan Ingatkan para Youtuber agar Taat Bayar Pajak

EmitenNews.com – Para Youtuber taatlah dalam membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: