#
Ilustrasi PSBB di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, yang seharusnya berakhir Kamis (16/7/2020) ini. Perpanjangannya dimulai esok, Jumat (17/7/2020), sampai Kamis (30/7/2020), atau dalam dua minggu. Aturan PSBB yang diterapkan masih sama dengan yang diberlakukan sekarang. (Dok. Okezone).

PSBB Transisi di DKI Jakarta Diperpanjang Selama 14 Hari, Mulai 3 Juli 2020
PSBB transisi diperpanjang setelah Pemprov DKI melihat skor pada tiga unsur; epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas publik, memenuhi syarat untuk melakukan pelonggaran

EmitenNews.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa transisi di DKI Jakarta diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 3 Juli sampai 16 Juli 2020. PSBB transisi diperpanjang setelah Pemprov DKI melihat skor pada tiga unsur; epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas publik, memenuhi syarat untuk melakukan pelonggaran.

“Kesimpulan dalam rapat Gugus Tugas tadi disimpulkan, PSBB transisi, semua kegiatan berlangsung masih 50 persen, itu akan diteruskan selama 14 hari ke depan. Kami akan evaluasi lagi setelah dapat perkembangan terbaru,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Pemprov DKI, Rabu (1/7/2020).

Anies menjelaskan, PSBB transisi diperpanjang setelah Pemprov DKI melihat skor pada tiga unsur, yakni epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas publik. Skor ketiga unsur tersebut, yakni 71, memenuhi syarat untuk melakukan pelonggaran. Karena itulah, Anies memutuskan PSBB transisi diperpanjang selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Hubei, China.

Kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Jakarta pada Selasa (3/3/2020). Itu berarti sehari setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama dan kedua infeksi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau covid-19, yang menimpa ibu dan anak warga Depok, Jawa Barat.

Semenjak itu, jumlah kasus positif semakin meningkat. Pada 10 April 2020, Pemprov DKI Jakarta kemudian memutuskan melaksanakan PSBB. Sebelumnya, Pemprov DKI sudah lebih dulu mengimbau perusahaan untuk menerapkan work from home dan belajar di rumah bagi para pengajar dan pelajar. Intinya warga diminta bekerja, belajar, dan beribadah di rumah saja.

Semenjak PSBB diterapkan pada 10 April, sudah dua kali Anies melakukan perpanjangan PSBB. PSBB terakhir dengan berbagai pengetatan berakhir pada 4 Juni. Setelah itu, Gubernur Anies memutuskan memperpanjang PSBB tahap keempat sampai esok, Kamis (2/7/2020). Kali ini menjadi PSBB masa transisi menuju new normal di Jakarta. PSBB pada masa transisi yang akan berakhir besok kemudian diperpanjang selama 14 hari, 3-16 Juli 2020.

Sementara itu Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menilai penanganan Covid-19 di DKI Jakarta selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah cukup efektif. Dalam penilaian Pras –begitu politikus PDI Perjuangan itu disapa– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta cukup sigap menangani wilayah yang dikategorikan sebagai zona merah Covid-19.

“Alhamdulilah, Jakarta sudah hijau ya sekarang. Kesigapan Pemda dengan rekan-rekan Gugus Tugas di Jakarta, semua turun ke lapangan. Melihat ada zona merah, nah itu langsung ditutup oleh Pemda di tingkat lurah, kecamatan sampai wali kota,” ucap Prasetio Edi Marsudi. ***

Check Also

Selama Penerapan PSBB di DKI Jakarta, Transjakarta Perpendek Jam Operasional
"Sahabat TiJe, layanan Transjakarta pada masa PSBB @dkijakarta beroperasi pada pukul 05.00 - 19.00 WIB. Informasi rute lengkap dapat dilihat pada gambar di atas."

EmitenNews.com – Para pengguna trasportasi umum di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: