#

PT Batavia Prosperindo Gandeng PT Mandiri Sekuritas Luncurkan ETF

EmitenNews.com – PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) menggandeng PT Mandiri Sekuritas (Mansek) untuk menerbitkan dua produk reksadana yang dapat diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam bentuk exchange traded fund/ETF yakni BAtavua IDX30 ETF (XBID) dan Batavia Sri-Kehati ETF (XBSK). ETF merupakan reksadana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di BEI.

Direktur Utama BPAM, Lilis Setiadi mengatakan bahwa dalam kerja sama ini, pihaknya betindak sebagai manajer investasi, sedangkan Mandiri Sekuritas sebagai dealer partisipan.

“Penerbitan ETF ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami kepada para investor untuk menyediakan produk yang semakin lengkap dan kompetitif sesuai dengan tren perkembangan industri pengelolaan investasi global maupuan nasional,” ujarnya, di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Lilis menjelaskan jika, XBID nantinya akan berinvestasi pada saham-saham yang ada dalam daftar indeks IDX30, dengan tujuan untuk menghasilkan kinerja portofolio yang serupa dengan kinerja indeks tersebut. Dimana, IDX30 bentukan BEI yang terdiri dari 30 saham yang likuid diperdagangkan. Kapitalisasi pasar IDX30 mencapai 59,1% dari kapitalisasi pasar di BEI dan selama lima tahun terakhir kinerjanya lebih tinggi 4,31% dari IHSG.

Sementara, XBSK akan berinvestasi pada saham-saham dalam daftar indeks SRIK-Kehati dengan tujuan agar menghasilkan kinerja yang sama dengan indeks tersebut. Indeks Sri-Kehati sendiri beranggotakan 25 saham yg ditetapkan oleh Yayasan Kehati dengan pertimbangan utama emiten harus memiliki bisnis yang ramah lingkungan, tanggung jawab sosial yang tinggi dan tata kelola korporasi yang baik. Dari sisi kinerja indeks Sri-Kehati selama 5 tahun terakhir menghasilkan 59,31% sementara IHSG hanya 44,93%.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Mandiri Sekuritas, Silvano Rumantir mengungkapkan bila penerbitan produk XBID dan XBSK ini merupakan upaya Mansek dan BPAM untuk menghadirkan ragam produk kepada para investor.

“Sebagai broker lokal, kami optimis dapat memberikan nilai tambah kepada investor melalui layanan pasar modal kepada seluruh nasabah,” ucapnya.

Menurut Silvano, tingginya minat para inevstor terhadap pilihan produk investasi berkualitas mendorong pihaknya untuk menawarkan secara perdana ETF XBID dan XBSK. “Produk ETF ini menawarkan empat manfaat bagi investor, yakni mudah dan fleksibel, rendah biaya dan risiko, cakupan luas, serta transparan,” pungkasnya.

Check Also

BPJS Ketenagakerjaan Bersalin Rupa dan Proklamirkan Nama Baru BP Jamsostek
Transformasi BPJS Ketenagakerjaan menjadi BP Jamsostek diharapkan bisa terus meningkatkan pelayanan cepat, akurat, dengan memanfaatkan teknologi

EmitenNews.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersalin rupa, dan memproklamirkan nama baru, BP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: