#
KA Istimewa yang diluncurkan Sabtu (28/9/2019) ini memiliki fasilitas, seperti ruang rapat, lounge, minibar, karaoke, mushola dan toilet. Juga ada tempat santai seperti ruang keluarga dan tempat untuk menonton TV. (Foto:Ist).

PT Kereta Api Indonesia Miliki Produk Baru Kereta Istimewa Cocok untuk Kegiatan MICE
KA Istimewa itu sebelumnya KA Kedung Sepur yang dialihfungsikan menjadi kereta inspeksi ke-2, Agustus 2019. PT KAI merombak interiornya

EmitenNews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki produk baru yang istimewa. Kementerian Perhubungan meluncurkan Kereta Istimewa, kereta rel diesel yang terdiri dari dua rangkaian. Rangkaian kereta ini bisa untuk kegiatan Meeting, Incentive, Convention Center, Exhibition (MICE), seperti, rapat kerja, kumpul keluarga dan reuni. Kereta bisa dipesan dengan tarif sekitar Rp19 juta.

“Ini satu inovasi yang baik dari PT KAI,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Senin (30/9/2019).

Menhub mengatakan, KA Istimewa itu sebelumnya KA Kedung Sepur yang dialihfungsikan menjadi kereta inspeksi ke-2, Agustus 2019. PT KAI merombak interiornya menjadi KA Istimewa. Dengan inovasi itu diharapkan KAI semakin mandiri dan bisa terus mencari terobosan baru dalam menciptakan peluang pembiayaan guna menjaga keberlangsungan usaha.

“Inovasi seperti ini sangat membantu pemerintah dalam mengalokasikan dana APBN untuk pembangunan daerah lain yang lebih membutuhkan,” katanya.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rangkaian KA Istimewa terdiri dari dua kereta. Total kapasitas kereta mencapai 40 orang. Jadwal keberangkatannya fleksibel, bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Tahap awal, kereta dapat dipesan untuk perjalanan jarak menengah, seperti, Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung dan Jakarta-Semarang.

Istimewanya lagi, KA Istimewa yang diluncurkan Sabtu (28/9/2019) ini memiliki fasilitas, seperti ruang rapat, lounge, minibar, karaoke, mushola dan toilet. Juga ada tempat santai seperti ruang keluarga dan tempat untuk menonton TV.

Sebelumnya, kereta sleeper class laris manis pada masa angkutan Lebaran 2019. KAI telah meluncurkan dua kereta sleeper, yakni Luxury 1 dan Luxury 2. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan tingkat okupansi kereta Luxury 1 sampai 106,4 persen dengan volume penumpang mencapai 1.686 orang. Sedangkan okupansi kereta Luxury 2 sebesar 81,9 persen dengan penumpang 4.690 orang.

“Pengoperasian KA Luxury seri 2 ini mendapatkan sambutan positif dari penumpang,” ujar Edi Sukmono, Rabu (19/6/2019).

Kereta Luxury 1 yang diluncurkan, Juni 2018, satu rangkaian dengan KA Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasarturi (pulang pergi/PP). Tingkat okupansinya mencapai 106 persen lantaran sebagian penumpang turun sebelum tujuan akhir dan digantikan dengan penumpang lainnya ke tujuan berikutnya.

Kereta Luxury 2 baru diluncurkan Mei 2019. Kereta ini dirangkaikan langsung dengan KA Argo Lawu rute Gambir-Solo Balapan (pp), KA Argo Dwipangga rute Gambir-Solo Balapan (pp), KA Taksaka rute Gambir-Yogyakarta (pp), dan KA Gajayana rute Gambir-Malang (pp). ***

 

Check Also

Kebutuhan Anggaran Untuk Membangun Sarana Perkeretaapian di Ibu Kota Baru Rp209 Triliun
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono: Dana sebesar itu untuk membangun stasiun, KA subway, KRL, jalur kereta api dan pengadaan kereta listrik

EmitenNews.com – Kebutuhan anggaran untuk pembangunan sarana transportasi di ibu kota baru lumayan besar. Untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: