#
Salah satu produk bisnis MPMX di bidang otomotif adalah penjualan sepeda motor Honda. Foto : MPMX

Sebesar 42 Persen Laba Bersih MPMX 2016 Disepakati Sebagai Dividen

Emitennews – PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) segera membagi keuntungan kepada para pemegang saham dari hasil kinerja 2016. Perusahaan grup Saratoga di bidang otomotif itu mendapat persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk membagi dividen sebesar 46 persen dari laba bersih tahun lalu.

Usulan manajemen MPMX yang disetujui RUPST terkait dividen itu maksimal sebesar total Rp 152 miliar atau Rp 35 per saham. Dividen interim sudah dibagikan sebesar Rp 10 per saham pada 16 Desember 2016.

Dengan asumsi dividen final yang akan dibagikan sebesar Rp 25 per saham maka setara sebesar Rp 111,574 miliar. Total dividen dibagikan, termasuk dividen interim itu setara 43 persen dari Rp 361 miliar sebagai laba bersih MPMX pada sepanjang 2016.

Group CEO MPM, Rudy Halim, mengatakan pembagian dividen itu merefleksikan hasil upaya Perseroan untuk menjaga arus kas yang positif di awal perjalanan transformasi perseroan. ”Pembagian dividen ini adalah salah satu perwujudan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan value kepada setiap pemegang saham serta membangun masa depan yang berkelanjutan,” ujarnya pada acara Public Expose MPM yang dilaksanakan seusai RUPST di Jakarta, Jumat (19/5).

Di tengah babak transformasi Perseroan tahun lalu,  MPMX berhasil mencatat pendapatan sebesar Rp 17,7 triliun atau naik 7 persen dibandingkan tahun 2015. Sementara laba bersih Perseroan tumbuh hingga 27 persen menjadi Rp 361 miliar.

Pada 2017, kata Rudy,MPMX akan secara konsisten berfokus pada penguatan fundamental bisnis melalui cost leadership serta implementasi inisiatif new growth.  Di samping itu, sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan seluruh business model di seluruh anak usaha,  MPMX baru saja menjual sebagian saham yang dimiliki Perseroan dan anak usahanya di bisnis pembiayaan, MPMFinance, kepada JACCS Co. Ltd.

Dengan inisiatif tersebut, diharapkan pertumbuhan bisnis MPMFinance bergerak menuju tingkat selanjutnya serta memanfaatkan potensi pertumbuhan sektor pembiayaan secara maksimal. ”Pertumbuhan bisnis MPMX yang positif tahun lalu menunjukkan bahwa fokus serta strategi yang kami implementasikan sudah sesuai dengan tujuan kami dalam menjaga kinerja operasional yang solid. Kami akan terus mempertahankan fokus ini sepanjang tahun 2017, seiring dengan babak transformasi yang sedang kami lalui,” tekadnya.

Check Also

Kuartal III 2020, Penjualan PT Saraswanti Anugerah Makmur (SAMF) Capai Rp994 Miliar

EmitenNews.com- PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) menyatakan Kondisi pandemi Covid-19 turut mempengaruhi banyak sektor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: