#
Foto: dok. Hermina

Semester 1 Tahun Ini RS Hermina Untung Rp 124,64 Miliar

EmitenNews.com – Perusahaan rumah sakit, PT Medialoka Hermina Tbk (HEAL) mencatat kenaikan laba bersih pada semester 1 tahun ini sebesar 77,14 persen menjadi Rp 124,64 miliar dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp 70 miliar.

Mengutip laporan keuangannya, kenaikan laba tersebut didorong oleh pertumbuhan pendapatan sebesar 17,88 persen menjadi Rp 1,78 triliun dari yang sebelumnya Rp 1,51 triliun.

Adapun kontribusi pendapatan tersebut didominasi dari layanan rumah sakit yang terdiri dari rawat inap dan rawat jalan sebesar Rp 1,77 triliun. Disusul oleh layanan rawat inap naik dari tahun sebelumnya dari Rp 1,044 triliun menjadi Rp 1,24 triliun atau tumbuh 19,44 persen yoy. Sementara pendapatan dari layanan rawat jalan juga tumbuh 14,71 persen yoy menjadi Rp 753,17 miliar.

Selain dari bisnis rumah sakit HEAL turut memperoleh pendapatan dari bisnis non-rumah sakit sebesar Rp 8,52 miliar.

Disamping itu, perusahaan juga mencatatkan kenaikan jumlah aset dari sebelumnya Rp 4,167 triliun pada tahun sebelumnya menjadi Rp 4,53 triliun pada semester I 2019. Adapun jumlah liabilitasnya sebesar Rp 1,97 triliun dan ekuitasnya sebesar Rp 2,56 triliun.

Sementara rasio keuangannya pada semester I 2019 berada pada posisi ROA di 3,59 persen naik dari periode yang sama tahun sebelumnya di 2,38 persen Begitu juga dengan ROE nya yang naik cukup signifikan yakni di 6,35 persen dari sebelumnya 4,19 persen. Ebitda terhadap pendapatannya juga naik walau tipis yakni dari sebelumnya 20,16 persen menjadi 21,99 persen.

Sebagai informasi, RS Hermina telah melakukan perjanjian kerjasama pelayanan kesehatan dan penempatan alat kesehatan dalam penyelenggaraan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Baik perusahaan dan entitas anaknya setuju untuk memberikan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Perjanjian Kerja Sama antar BPJS.

Grup Hermina mengadakan beberapa perjanjian kerja sama penempatan alat kesehatan baik oleh perusahaan atau dokter individual untuk menyediakan peralatan kesehatan dengan beberapa pengaturan. Pengaturan tersebut mencakup pembagian hasil, pembayaran berdasarkan pemakaian, dan kewajiban untuk membeli perlengkapan medis. (Romys)

Check Also

Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) Catat Kenaikan Laba 29,78 Persen

EmitenNews.com – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mencatat pertumbuhan laba periode berjalan yang dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *