#
Kepala Perwakilan BEI Papua Barat, Adevi Sabath Sofani (tengah),memegang kue ulang tahun ke-2 BEI Papua Barat, 8 Desember 2018. (Dok. BEI Papua Barat).

Sinergi Meningkatkan Literasi dan Investor Pasar Modal Indonesia di Papua Barat
SID Papua Barat sejak 8 Desember 2016 telah bertambah lebih dari 400 persen menjadi 1.611 SID per Februari 2019

EmitenNews.com – Ini upaya memantapkan sinergi dalam meningkatkan literasi dan jumlah investor pasar modal di seluruh Indonesia. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyadari pentingnya media sebagai perantara informasi. Melalui Kantor Perwakilan Papua Barat, BEI menyelenggarakan Workshop Wartawan Daerah (WWD) dengan mengundang 12 perwakilan media di Papua Barat, Sabtu (6/4/2019).

Kepala Kantor BEI Papua Barat, Adevi Sabath Sofani yang menyampaikan materi, memberikan sejumlah update terkini terkait perkembangan pasar modal di Papua Barat. Salah satunya, perkembangan jumlah investor di Papua Barat. Single Investor Identity (SID) Papua Barat sejak awal berdiri, 8 Desember 2016 berjumlah 358 SID dan telah bertambah lebih dari 400 persen menjadi 1.611 SID per Februari 2019.

Peningkatan jumlah investor ini diharapkan sejalan dengan pemahaman investor dan calon investor terhadap produk pasar modal, selain saham, yakni Reksa Dana dan Exchange Traded-Fund (ETF).

Banyak manfaat ketika berinvestasi di Reksa Dana dan ETF. Untuk mengenal dan memahami lebih lanjut tentang instrumen berinvestasi itu, masyarakat dapat mengikuti Sekolah Reksa Dana atau Kelas Reksa Dana dan ETF. Pelaksanaannya gratis pada masing-masing kantor Perwakilan BEI, di seluruh penjuru Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Penambahan perusahaan tercatat

Sampai kuartal pertama tahun 2019, BEI telah mencatatkan tujuh Perusahaan Tercatat baru. Ini jumlah tertinggi dibandingkan dengan jumlah Perusahaan Tercatat baru pada kuartal pertama selama 5 tahun terakhir. Banyak manfaat yang diperoleh perusahaan apabila menjadi Perusahaan Tercatat atau Go Public.

Antara lain, perusahaan akan lebih terpacu meningkatkan kinerja usahanya karena pemegang saham dapat memantau kinerja perusahaan dengan lebih transparan; perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di Bursa setiap saat dapat diperoleh valuasi terhadap nilai perusahaan.

Untuk memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai Go Public, BEI menyelenggarakan Workshop Go Public dan pertemuan one-on-one dengan perusahaan di seluruh kota di Indonesia, termasuk di Papua Barat. Tercatat sejak awal 2019, BEI melalui Kantor Perwakilan Papua Barat telah melaksanakan Sosialisasi Go Public Meeting One on One kepada tiga perusahaan lokal di Manokwari.

Perwakilan BEI Papua

Senin (8/4/2019), hari terakhir Kantor Perwakilan BEI Papua Barat melaksanakan kegiatan operasional di Kabupaten Manokwari. Selanjutnya mereka bergabung dengan Kantor Perwakilan BEI Papua, di Jayapura, Papua.

Ini berdasarkan keputusan manajemen BEI dan sejalan dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Papua dan Papua Barat sebagai lembaga independen pengawas pasar modal, di Ibukota Provinsi Papua, yaitu Jayapura.

Meski demikian, kegiatan edukasi pasar modal kepada masyarakat di Papua Barat khususnya Manokwari dan Sorong akan terus berjalan. Selain itu, masyarakat di Papua Barat juga dapat mengunjungi Galeri Investasi BEI (GI BEI) yang tersebar di Manokwari dan Sorong untuk mendapatkan informasi mengenai pembukaan Rekening Efek dan informasi pasar modal lainnya.

Galeri Investasi BEI yang terdapat di Papua Barat antara lain di GI BEI Universitas Papua di Kabupaten Manokwari; GI BEI Universitas Muhammadiyah, GI BEI Universitas Victory, dan GI BEI STAIN yang ada di Kota Sorong. ***

Check Also

Menjelaskan Masalah Defisit BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan tidak Mampu Tahan Amarah
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta internal BPJS Kesehatan giat menagih iuran kepada peserta, khususnya yang tercatat masih menunggak

EmitenNews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kehilangan kesabaran. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *