#
Surat keterangan bebas virus corona bagi calon penumpang Kereta Api jarak jauh menjadi 14 hari. Sebelumnya, sesuai ketentuan PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukannya hanya tujuh hari. Kendati begitu tidak ada toleransi dalam penerapan protokol kesehatan. (Dok. Kesatu.co).

Surat Keterangan Bebas Covid-19 bagi Penumpang KA Jarak Jauh Diperpanjang Hingga 14 Hari
Protokol kesehatan harus ditaati. Antara lain, calon penumpang dalam kondisi sehat, suhu tubuhnya maksimal 37,3 derajat celcius dan wajib mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket

EmitenNews.com – Surat keterangan bebas virus corona bagi calon penumpang Kereta Api jarak jauh menjadi 14 hari. Sebelumnya, sesuai ketentuan PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukannya hanya tujuh hari. Kendati begitu tidak ada toleransi dalam penerapan protokol kesehatan, dan pencegahan wabah virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau covid-19.

Dalam keterangannya yang dikutip Senin (29/6/2020), Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan, dengan perpanjangan masa berlaku hasil tes tersebut, penumpang tidak perlu terlalu repot lagi. Penumpang yang akan melakukan perjalanan pulang pergi dalam rentang waktu singkat tidak perlu melakukan tes ulang selama masih memiliki hasil tes Covid-19 yang masih berlaku.

Kendati begitu, para penumpang KA jarak jauh tetap diminta menaati protokol kesehatan, dan aturan pencegahan wabah virus yang dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu. Antara lain, calon penumpang harus dalam kondisi sehat, suhu tubuhnya maksimal 37,3 derajat celcius dan wajib mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket. Bagi calon penumpang dari dan menuju DKI Jakarta, wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

“KAI berkomitmen mematuhi seluruh protokol kesehatan agar kereta api menjadi moda transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan seluruh penumpang sehat sampai tujuan,” kata Joni Martinus.

Sejak 12 Juni hingga 26 Juni 2020, KAI telah melayani 379.109 penumpang yang terdiri dari 47.924 penumpang KA Jarak Jauh dan 331.185 KA Lokal. Juga terdapat 8.287 calon penumpang yang ditolak berangkat karena tidak melengkapi persyaratan.

KAI juga tetap melayani angkutan barang untuk masyarakat pada masa pandemi Covid-19, mulai dari angkutan bahan pangan, e-commerce, sepeda motor, dan lainnya melalui layanan Rail Express.

Sekali lagi, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan, dan prosedur pencegahan covid-19. Ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. ***

 

Check Also

Kasus Covid-19 di Indonesia Jumat Ini Sudah di Atas 60 Ribu Penderita
Ada lima provinsi yang mencatat kasus baru Covid-19 dalam jumlah tinggi, hari ini. Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan penambahan terbanyak, yaitu 353 kasus baru

EmitenNews.com – Kasus covid-19 hari ini sudah di atas 60 ribu orang. Sejak kasus pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: