#
Foto : Shutterstock

Suspensi Saham SIAP dan IKAI Diperpanjang

Emitennews – Bursa Efek Indonesia (BEI) memerpanjang penghentian sementara atas aktivitas saham (suspensi) PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) dan PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI). Keduanya belum membayar biaya pencatatan tahunan alias Annual Listing Fee (ALF).

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 3 BEI, Goklas Tambunan, mengumumkan SIAP dan IKAI diminta untuk segera melakukan pembayaran biaya ALF di 2017. Hal tersebut merujuk pada ketentuan VII.4.2 Peraturan Bursa nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat.

Diatur bahwa biaya pencatatan saham tahunan wajib dibayar dimuka oleh perusahaan tercatat untuk masa 12 bulan terhitung sejak Januari hingga Desember dan diterima oleh bursa (good fund) di rekening bursa paling lambat pada hari bursa terakhir pada Januari.

Mengacu pada butir II.3 Peraturan Nomor I-H: Tentang Sanksi, dalam hal perusahaan tercatat dikenakan sanksi denda oleh bursa maka denda tersebut wajib disetor ke rekening bursa selambat-lambatnya 15 hari kalender terhitung sejak sanksi tersebut dijatuhkan oleh bursa.

Apabila perusahaan tercatat yang bersangkutan tidak membayar denda dalam jangka waktu tersebut maka bursa dapat melakukan penghentian sementara perdagangan saham perusahaan tercatat di pasar reguler sampai dengan dipenuhinya kewajiban pembayaran biaya pencatatan tahunan dan denda tersebut.

Saham SIAP dan IKAI disuspensi mulai sesi I perdagangan saham pada 2 Mei 2017. ”Bursa memutuskan untuk melakukan perpanjangan penghentian sementara perdagangan efek di pasar reguler dan pasar tunai PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKA) dan PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP),” ungkapnya dalam pengumuman resmi, hari ini (02/05).

Check Also

Net Sell Rp684 Miliar Meski IHSG Melonjak 2 Persen. 3 Saham Ini Yang Masih Dijual Asing di Perdagangan Selasa (1/12)

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga akhir perdagangan saham Selasa (1/12) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: