#

Tahun Ini, Buana Lintas Lautan (BULL) Menerima Kapal Tanker LR2 ke-7

EmitenNews.com – PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) kembali menerima kapal tanker berjenis Long Range 2 (LR2) yang ketujuh dari total 8 kapal tanker yang telah diserahterimakan sepanjang 2020.

Direktur Utama, Kevin Wong mengatakan, kapal ini berukuran 109.647 DWT, dengan panjang 245 meter. Adanya kapal tersebut menambah armada perseroan menjadi 33 kapal dengan total kapasitas 2,3 juta DWT, dimana 17 kapal merupakan jenis LR2/Aframax (ukuran 80.000 – 119.999 DWT).

Strategi perseroan membeli kapal tanker mid-cycle yang memiliki margin lebih tinggi dengan umur sekitar 10-15 tahun dari pemilik-pemilik ternama bersamaan dengan kontrak yang stabil dengan meminimalisir resiko dan mengoptimalkan tingkat imbal balik.

Baca juga: Laba Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) Melonjak 380 Persen di Kuartal I 2020

“Sebagai perbandingan, dengan harga satu kapal baru, kami bisa mendapatkan 3 kapal berusia 10-15 tahun, sehingga kami dapat menghasilkan pendapatan 3 kali lebih besar dengan kapal mid- cycle sambil mengurangi resiko modal kami sebesar 80 persen,” kata Kevin dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat (3/7).

Dengan demikian, perseroan dapat mengembangkan armadanya dengan tetap menjaga rasio hutang yang rendah.

Mengkombinasikan strategi ini dengan kontrak yang stabil, BULL telah dapat mengembangkan armadanya dari 8 kapal tanker dengan total kapasitas 202.782 DWT pada 2013 menjadi 2,3 juta DWT saat ini sambil secara bersamaan menurunkan rasio hutang terhadap EBITDA sekitar 50%.

“Memasuki tahun 2020, BULL yakin akan prospek usaha yang positif karena perkiraan dinamika permintaan dan pasokan kapal tanker yang ketat, akibat dari rendahnya pemesanan pembangunan kapal bar, ditambah dengan tiga peraturan IMO baru yang wajib diimplementasikan antara tahun 2020-2025,” paparnya.

Perseroan berkeyakinan peningkatan kinerja akan berlanjut pada kuartal kedua tahun ini.

Check Also

Sido Muncul (SIDO) Stock Split 1:2. Ini Jadwal Pelaksanaannya

EmitenNews.com- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) akan melakukan pemecahan nilai nominal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: