#
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Anggota Komisioner, sebelum jumpa pers di Jakarta Rabu (24/7).(Foto:Romys)

Tahun Ini, OJK Fokus Jaga Risiko Lembaga Jasa keuangan dan Awasi Fintech

EmitenNews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, pada semester pertama tahun ini, pihaknya fokus meningkatkan kontribusi sektor jasa keuangan dalam pembiayaan ekonomi nasional dengan telah menerbitkan serangkaian kebijakan untuk meningkatkan potensi pembiayaan dari lembaga jasa keuangan dan memperluas akses investor di pasar keuangan domestik.

“Dalam rangka menjaga stabilitas sektor jasa keuangan, kebijakan OJK difokuskan untuk menjaga profil risiko lembaga jasa keuangan terjaga pada level yang rendah, antara lain melalui penguatan pengawasan perbankan berbasis teknologi informasi,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Rabu (24/7).

Wimboh memaparkan, pada paruh kedua tahun 2019, OJK akan meneruskan kebijakan dan inisiatif strategis untuk terus mendukung pembiayaan sektor-sektor prioritas Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

“OJK juga senantiasa mendorong pemberdayaan UMKM dan masyarakat kecil, inovasi teknologi informasi industri jasa keuangan serta reformasi internal dalam pengaturan dan pengawasan sektor jasa keuangan,” tuturnya.

Di tengah belum turunnya ketidakpastian ekonomi global dan tensi perang dagang, kata dia, OJK senantiasa terus memperkuat koordinasi dengan para stakeholder untuk memitigasi ketidakpastian eksternal yang cukup tinggi dan juga mengoptimalkan kontribusi sektor jasa keuangan dalam pembangunan.

OJK juga mengapresiasi kebijakan Bank Indonesia yang terus mendukung penguatan fungsi intermediasi lembaga jasa keuangan, antara lain melalui pelonggaran kewajiban Giro Wajib Minimum (GWM) dan penurunan suku bunga kebijakan Bank Indonesia.

“OJK senantiasa mengharapkan sinergi yang telah tercipta dapat terus ditingkatkan, baik pada kebijakan yang mendukung kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan, maupun untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan nasional,” tandasnya.(Romys)

Check Also

Selain SCBD, Tiga Emiten Ini Akan Ditendang Oleh BEI

EmitenNews.com – Penghapusan pencatatan saham di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) atau delisting kembali tersorot. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *