#
Ternyata masyarakat yang tidak disiplin menjaga jarak dan tidak memakai masker menjadi faktor utama masih adanya kasus baru penularan Covid-19. (SUKABUMIUPDATE).

Ternyata, Masyarakat Tidak Disiplin dalam Pemakaian Masker Faktor Utama Penularan Covid-19
Achmad Yurianto mengatakan, kondisi masyarakat yang tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker itu setidaknya menyebabkan tingginya jumlah kasus baru Covid-19 di berbagai daerah di Tanah Air

EmitenNews.com – Ternyata masyarakat yang tidak disiplin menjaga jarak dan tidak memakai masker menjadi faktor utama masih adanya kasus baru penularan Covid-19. Itulah yang menyebabkan sebaran kasus baru penderita infeksi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19) tinggi secara nasional, disumbangkan oleh penularan di beberapa daerah.

Demikian keterangan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, yang dikutip Senin (29/6/2020).

Yuri, sapaan karib Achmad Yurianto mengatakan, kondisi masyarakat yang tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker itu setidaknya menyebabkan tingginya jumlah kasus baru Covid-19 di berbagai daerah di Tanah Air.

Yuri mengingatkan bahwa Covid-19 menyebar secara cepat melalui percikan droplet yang keluar saat bersin maupun batuk. Karena itu, memakai masker adalah salah satu cara efektif untuk menahan droplet tersebut agar tidak menyebar, dan menulari manusia.

Repotnya lagi, karena masih ada Orang Tanpa Gejala (OTG) di sekitar masyarakat yang belum melakukan isolasi dengan baik. Yuri menjelaskan tingkat risiko penularan virus asal Wuhan, Hubei, China itu, semakin menurun apabila seseorang memakai masker.

Setidaknya ada empat tingkatan penularan virus corona berkaitan dengan pemakaian masker. Pertama, apabila seseorang yang membawa virus (OTG) tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dekat dengan orang rentan, kemungkinan penularan mencapai 100 persen.

Kedua, jika orang yang sakit memakai masker, sementara kelompok rentan tidak memakai masker, potensi penularan mencapai 70 persen. Ketiga, jika orang sakit memakai masker, sementara orang sehat tidak, tingkat penularannya hanya 5 persen. Keempat, jika keduanya pakai masker, potensi penularan hanya 1,5 persen. ***

 

Check Also

Satgas Covid-19 Akui Angka Kematian Akibat Penularan Virus Corona di Indonesia Masih Tinggi
"Angka kematian masih relatif tinggi dari global, tetapi kita yakini kerja sama  para dokter dan tenaga kesehatan dalam menangani pasien kita harapkan bisa baik lagi," kata Doni Monardo

EmitenNews.com – Ngeri. Angka kematian akibat penularan virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19) di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: