#
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN)

Tutup 4 Kantor Kas, Bank Tabungan Negara (BBTN) Prediksi Laba Turun 25 – 50 Persen di Semester I – 2020

EmitenNews.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) memperkirakan laba bersih dan pendapatan pada periode yang berakhir Juni 2020 terkoreksi masing-masing 25-50 persen dan 25 persen dibandingkan periode serupa tahun lalu.

Berdasarkan materi publikasi perseroan dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu (15/7) manajemen Bank BTN (BBTN) menyebutkan, adanya perkiraan pelemahan kinerja keuangan pada semester I tahun ini dipicu oleh pandemi Covid-19.

Akibat pandemi ini, BTN harus menutup sementara dua kantor kas yang terletak di universitas yang masih melakukan penutupan operasional dan dua kantor kas yang berada di rumah sakit rujukan pemerintah untuk penanganan Covid-19. BTN mengklaim kontribusi pendapatan dari kegiatan opersional yang terganggu terhadap total pendapatan sekitar 25%.

Adapun, upaya perseroan dalam mempertahankan kelangsungan usaha di tengah pandemi adalah menetapkan kebijakan relaksasi ketentuan restrukturisasi kredit untuk memfasilitasi debitur-debitur yang terkena dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi, mengurangi jam layanan kantor serta penutupan sementara outlet, melaksanakan kebijakan kerja dari rumah terhadap kriteria pegawai yang berisiko tinggi.

Selanjutnya, mengimplementasikan split operation pada aktivitas operasional, melakukan steriisasi dan pemberian disenfektan di ruang kerja, melaksanakan screening atas pegawai maupun pengunjung, melaksanakan program efisiensi terkait beberapa anggaran biaya, menjaga produktivitas dengan melaksanakan 3C (cross selling, data cleansing, dan aktivitas terkait collection), serta optimalisasi digital dengan banking from home dan KPR from home.

Pada kuartal I 2020, BTN membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp457 miliar, dengan penghasilan bunga mencapai Rp6,17 triliun.

Check Also

Jelang Resesi Ekonomi, Pemerintah Siapkan Sejumlah Strategi Pemulihan
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara akan melaksanakan fungsi countercyclical yang efektif pada kuartal ketiga tahun 2020 untuk menjaga stabilitas sistem keuangan

EmitenNews.com – Jelang resesi ekonomi, pemerintah menyiapkan sejumlah strategi. Kementerian Keuangan mempersiapkan pemulihan ekonomi Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: