#
Ilustrasi demo mahasiswa. Unjuk rasa mahasiswa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja berlanjut terus. Jumat (16/10/2020), Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan kembali berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan bada salat Jumat, pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Arus lalu lintas di sekitar istana ditutup. (Dok. Sinar Harapan).

Unjuk Rasa Mahasiswa Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja Lanjut Terus Jumat Ini
Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan Jakarta usai salat Jumat, pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Arus lalu lintas di sekitar istana ditutup

EmitenNews.com – Unjuk rasa mahasiswa menolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja berlanjut terus. Hari ini, Jumat (16/10/2020), Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan kembali berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan bada salat Jumat, pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Arus lalu lintas di sekitar istana ditutup. Malah, penutupans disekitar istana telah dilakukan sejak Kamis (15/10/2020) malam.

Dalam keterangan tertulis yang beredar Kamis, Koordinator Wilayah BEM se-Jabodetabek-Banten Aliansi BEM seluruh Indonesia Bagas Maropindra, mengungkapkan, aksi direncanakan berlangsung Jumat siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Massa mahasiswa turun ke jalan menyampaikan mosi tidak percaya kepada pemerintah dan DPR atas disahkannya omnibus law UU Cipta Kerja.

“Aliansi BEM Seluruh Indonesia wilayah Jabodetabek Banten menyatakan akan kembali turun aksi menyuarakan pencabutan atas UU Cipta Kerja dan kembali menyampaikan mosi tidak percaya kepada pemerintah dan wakil rakyat,” ujar Bagas Maropindra.

Berkaitan dengan itu Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (15/10/2020) pukul 22.58 WIB menyampaikan, adanya rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Kepresiden Jakarta itu.

Menurut Kombes Sambodo, penutupan mulai diberlakukan pada pukul 23.00 WIB. Seluruh ruas jalan dari arah utara, barat, selatan yang akan mengarah ke istana, ditutup. Jalan yang ditutup, Merdeka Barat, Harmoni, Jalan Veteran 3 dan belokan Gambir arah Istana.

Ini dia rekayasa pengalihan arus sekitar Istana Negara:

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.
  2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
  3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
  4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.
  5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis.
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.
  7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

Jadi, bagi warga yang hendak bepergian, diharap menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada, agar tidak terjebak kemacetan. Selain itu, harus berhati-hati, terutama jangan lupa mematuhi penerapan protocol kesehatan. Pakai masker, terutama jika berada di luar rumah. Jangan lupa menjaga jarak aman, dan harus rajin menjaga kebersihan, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin. ***

 

Check Also

Jangan Bilang Presiden Jokowi Hindari Demo Besar-besaran Tolak UU Cipta Kerja
Kamis (8/10/2020), Presiden dijadwalkan kunjungan kerja ke Kalteng meninjau progres Food Estate. Saat yang sama massa aksi menolak UU sapu jagad itu, berencana ke Istana Kepresidenan

EmitenNews.com – Jangan bilang Presiden Joko Widodo menghindari demo besar-besaran menolak UU Omnibus Law Cipta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: