#
Presiden Joko Widodo menunjuk Wiranto sebagai ketua Wantimpres, merangkap anggota. Jokowi melantik Wiranto bersama delapan orang lainnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (Dok. Detiknews).

Wiranto Pimpin Wantimpres Beranggotakan Tokoh Agama, Politisi dan Pengusaha Ternama
Komisaris Utama PT Mustika Ratu Tbk, Putri Kus Wisnu Wardani, satu-satunya perempuan dalam Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024

EmitenNews.com – Dipimpin Jenderal Purn Wiranto, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024, diperkuat tokoh agama, politisi, dan pengusaha ternama. Presiden Joko Widodo menunjuk Wiranto sebagai ketua Wantimpres, merangkap anggota. Jokowi melantik Wiranto bersama delapan orang lainnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Delapan anggota Wantimpres lainnya itu, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, biasa disapa Habib Luthfi. Tiga politikus senior, Agung Laksono dari Partai Golkar, dan PDI Perjuangan Sidarto Danusubroto, serta Mardiono (PPP).

Lalu, pendiri Medco Group Arifin Panigoro, dan Pemilik Grup Mayapada Dato Sri Tahir, serta Komisaris Utama PT Mustika Ratu Tbk, Putri Kus Wisnu Wardani, satu-satunya perempuan. Terakhir, mantan Gubernur Jawa Timur Sukarwo, yang karib disapa Pakde Karwo.

Sementara itu, kita tahu Wiranto, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada pemerintahan Jokowi periode pertama. Mantan Ketua Umum Partai Hanura itu, juga malang melintang dengan posisi penting sejak era Orde Baru, reformasi, sampai sekarang.

Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan sembilan orang anggota Wantimpres tersebut: “Bahwa saya akan setia kepada UUD RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan per undang-undang dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.” ucap sembilan orang Wantimpres itu secara bersamaan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19/2006 tentang Wantimpres, Dewan Pertimbangan Presiden adalah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden sebagaimana dimaksud Pasal 16 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Wantimpres bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara. Nasihat dan pertimbangan itu disampaikan baik secara perorangan maupun sebagai satu kesatuan nasihat dan pertimbangan seluruh anggota dewan.

Acara pelantikan itu pun diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, Jokowi langsung memberikan ucapan selamat dan bersalaman dengan para Wantimpres. Para pejabat, dan menteri Indonesia Maju. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Juga ada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. ***

 

 

Check Also

Pembangunan Kilang Minyak jadi Tolak Ukur Kinerja Menteri ESDM dan Menteri BUMN
Pembangunan kilang itu juga menjadi salah satu keseriusan Presiden Joko Widodo untuk membenahi persoalan defisit neraca perdagangan

EmitenNews.com – Pembangunan kilang minyak di dalam negeri menjadi tolak ukur kinerja Menteri Energi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: