#
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) ke-4 tahun 2019 telah dibuka, di Main Atrium, Pluit Village oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. (EmitenNews.com/Istimewa).

Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 Dibuka, Incar Wisatawan Nusantara dan Mancanegara
WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, sehingga ke depan pusat perbelanjaan dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata

EmitenNews.com – Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) ke-4 tahun 2019 telah dibuka, di Main Atrium, Pluit Village oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Pembukaan WICSF 2019 bertepatan dengan perayaan Hari Pariwisata Sedunia, Jumat (27/9/2019). WICSF 2019 digelar selama sebulan penuh, mulai dari 27 September 2019 hingga 27 Oktober 2019.

Dalam rilis yang diterima Senin (30/9/2019), Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) A. Stefanus Ridwan S, mengungkapkan, sebagai agenda tahunan, WICSF bentuk komitmen APPBI untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pihaknya berharap WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, sehingga ke depan pusat perbelanjaan dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata.

“Dengan diadakannya kembali WICSF, kami berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Optimisme ini berangkat dari meningkatnya jumlah pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam WICSF 2019 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Stefanus Ridwan.

WICSF 2019 akan memanjakan pengunjung dengan berbagai sajian kuliner dan program belanja discount up to 70 persen di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Program WICSF yang berawal sebagai program tahunan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia kini telah berkembang menjadi Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Masuknya WICSF sebagai CoE Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tentunya bukan tanpa alasan. Setelah berjalan selama 3 tahun dan kini menginjak tahun ke-4, penyelenggaraan WICSF terbukti mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya pada industri kuliner dan belanja. Banyaknya konten menarik yang disuguhkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia ini mampu menarik jumlah wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Tak berhenti di situ, setiap tahun WICSF juga terus mengangkat berbagai warisan kebudayaan Indonesia yang kemudian dijadikan tema acara. Tujuannya, terus meningkatkan awareness ragam kebudayaan Indonesia di kancah nasional dan internasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, memberi dukungan penuh terhadap WICSF, program yang dirancang bersama antara APPBI dan Kemenpar sejak 2016. Dukungan terus diberikan, hingga WICSF lolos seleksi masuk Calendar of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sejak 2018.

Arief Yahya yang dikenal sebagai Menteri Digital mengatakan, pengalaman berbelanja offline tetap dibutuhkan di era digital ini. Karena itu, belanja harus mampu menjadi atraksi yang memberikan pengalaman menarik khususnya bagi para wisatawan. Indonesia yang masuk list global Shopping Index menjadi negara yang penduduknya suka belanja menjadi pasar sendiri yang akan mendorong ekonomi rakyat.

“Wisata belanja juga dapat menjadi pintu bagi promosi produk-produk unggulan Indonesia yang mampu meningkatkan ekonomi melalui Trade Tourism & Investment,” ungkap mantan dirut Telkom ini.

Dukungan terhadap WICSF 2019 juga disampaikan Vita Datau, founder Indonesia Gastronomy Network. Menurut Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia itu, Indonesia memiliki destinasi-destinasi yang mempunyai produk kuliner dan belanja unggulan.

Melalui event WICSF 2019 ini diharapkan mendorong destinasi lain yang berpotensi dan kegiatan ini juga menjadi aksi nyata Indonesia Incorporated. Kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan sektor swasta yang tergabung dalam asosiasi dalam hal ini, APPBI terjalin untuk satu misi memajukan ekononomi Indonesia melalui pariwisata.

“Kemenpar sudah membuktikan keseriusannya dalam mendorong Indonesia sebagai surga belanja. Ini dibuktikan dengan kesungguhan Kemenpar mengajak industri untuk memperjuangkan kemudahan Tax Refundagar kompetitif dengan negara-negara tetangga,” paparnya. ***

 

Check Also

Kebutuhan Anggaran Untuk Membangun Sarana Perkeretaapian di Ibu Kota Baru Rp209 Triliun
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono: Dana sebesar itu untuk membangun stasiun, KA subway, KRL, jalur kereta api dan pengadaan kereta listrik

EmitenNews.com – Kebutuhan anggaran untuk pembangunan sarana transportasi di ibu kota baru lumayan besar. Untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: