#
Sedikitnya 100 nelayan Banyuwangi mengikuti program sosialisasi aplikasi Laut Nusantara, untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan mereka dalam bekerja. (EmitenNews.com/Nasir).

XL Axiata Implementasikan Agenda Transformasi dengan Menyesuaikan Kondisi Industri
Optimistis menghadapi tantangan 2019 XL Axiata menjaga trend pertumbuhan, dan permintaan pasar atas layanan data yang terus meningkat

EmitenNews.com – PT XL Axiata (XL Axiata) Tbk terus mengimplementasikan agenda transformasi 3R dengan menyesuaikan kondisi industri terkini. Tiga hal utama yang akan dilaksanakan sepanjang 2019 itu, merupakan pesan penting Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, kepada 70-an wartawan dari seluruh Indonesia, yang mengikuti Acara Media Gathering Nasional 2019, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis-Sabtu (4-6/4/2019).

Pertama, terus membangun jaringan secara agresif di berbagai wilayah di luar Jawa. Termasuk mencakup wilayah yang secara geografis sebagai pelosok dan terluar dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring Barat dan Timur. Untuk pembangunan jaringan baru di berbagai wilayah tersebut, XL Axiata menjadikannya juga sebagai pondasi jaringan di masa depan.

Dian mengemukakan, XL Axiata akan terus memprioritaskan pembangunan jaringan 4G LTE dengan spesifikasi khusus. Dengan begitu, perseroan dapat terus meningkatkan pada implementasi teknologi terbaru di masa depan, termasuk juga mampu melayani trafik data lebih tinggi. Jadi, di masa mendatang saat harus melakukan upgrade ke teknologi baru, perusahaan tidak musti membangun jaringan baru.

Kedua, dari sisi produk, XL Axiata terus menghadirkan layanan-layanan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai segmen. Strategi yang sama dengan tahun lalu, yaitu dual brand XL dan AXIS pada layanan prabayar, serta XL Prioritas untuk pascabayar, terus ditingkatkan manfaatnya dengan menyesuaikan pada selera dan trend digital terkini dari masing-masing segmen.

Ketiga, melanjutkan inovasi bisnis untuk memperkuat pijakan di masa depan. Inovasi bisnis ini berupa penciptaan layanan-layanan baru yang saat ini masih di luar bisnis utama, namun berpeluang besar di masa mendatang. Termasuk, kini XL Axiata sudah memiliki antara lain layanan berbasis jaringan fiber, yaitu XL Home dan layanan bagi pelanggan korporasi XL Business Solutions. Untuk mendukung layanan-layanan tersebut, XL Axiata melanjutkan upaya fiberisasi jaringan. Termasuk pengembangan layanan Internet of Thing (IoT).

Menurut Dian Siswarini, semua itu bagian dari semangat XL Axiata yang akan terus menjaga performa positif yang telah dicapai sepanjang 2018. Kondisi ekonomi nasional dan kebijakan pemerintah akan menjadi pijakan kuat bagi XL Axiata untuk meningkatkan lagi performa 2019.  Selain itu, permintaan pasar atas layanan data yang terus meningkat juga menumbuhkan optimisme semua pelaku industri telekomunikasi.

Dian Siswarini optimistis, ruang untuk terus tumbuh bagi XL Axiata dan industri masih sangat luas. Meskipun tahun lalu secara industri menurun, namun persentase jumlah pengakses internet menggunakan telepon selular terus meningkat, dan saat ini mencapai 70%.  “Jadi, ruang kita masih sangat luas untuk terus tumbuh karena layanan data merupakan penopang utama pertumbuhan bisnis di industri ini.”

Salah satu kegiatan dalam kunjungan ke Banyuwangi itu, manajemen XL Axiata meneruskan pelaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR), untuk para nelayan. Wujud tanggung jawab sosial perusahaan dari XL Axiata itu, diimplementasikan dengan membantu masyarakat nelayan di Kampung Mandar, Banyuwangi Kota, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam acara yang dihadiri Kepala Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan I Nyoman Radiarta, dan Kepala Dinas Kominfo Banyuwangi Budi Santoso itu, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyerahkan perangkat HP berisi aplikasi Laut Nusantara kepada perwakilan nelayan. Acaranya berlangsung di Kampung Mandar, Kamis (4/4/2019) sore.

Sedikitnya 100 nelayan Banyuwangi mengikuti program sosialisasi aplikasi Laut Nusantara, untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan mereka dalam bekerja. Sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara sekaligus bagian dari upaya XL Axiata membantu pemerintah menyiapkan masyarakat di semua lapisan ekonomi, dengan berbagai profesi, memasuki era digital. ***

 

 

Check Also

PT Selamat Sempurna (SMSM) Catat Pendapatan Dividen Dari Anak Usaha Rp26,17 Miliar

EmitenNews.com – PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) mencatat, total dividen atau pembagian ketahun buku 2019 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *