EmitenNews.com - PT. Equity Development Investment Tbk. (GMSF) akan melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue melalui penawaran umum terbatas V kepada pemegang saham.


"GSMF akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 7.454.723.337 saham Seri C dengan nilai nominal Rp100 per saham atau 100,00% dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan,"tutur Manajemen GSMF dalam prospektus Ringkas, Kamis, (2/12).


Saham-saham tersebut akan ditawarkan dengan harga pelaksanaan sebesar Rp165 per saham kepada para pemegang saham yang tercatat pada tanggal 10 Desember 2021 dimana setiap pemilik 1 saham Perseroan akan memperoleh 1 HMETD sedangkan 1 HMETD dapat digunakan untuk membeli 1 saham dengan membayar harga pelaksanaan sebesar Rp165.


Dengan asumsi seluruh HMETD dilaksanakan untuk membeli saham, maka Perseroan akan memperoleh dana sebanyak-banyaknya Rp1.230.029.350.605.


HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down). Dalam hal Pemegang Saham memiliki HMETD dalam bentuk pecahan, maka hak atas pecahan saham dalam PUT V wajib dijual oleh Perseroan dan hasil penjualannya dimasukan ke dalam rekening Perseroan.


HMETD ini diperdagangkan di BEI dan dilaksanakan selama 5 Hari Kerja mulai tanggal 14 Desember 2021 sampai dengan tanggal 20 Desember 2021. HMETD yang tidak dilaksanakan hingga tanggal akhir periode tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi. Saham Baru hasil pelaksanaan HMETD memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan Saham Lama Perseroan sedangkan Pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya dalam PHHMETD ini akan mengalami penurunan persentase kepemilikan saham (dilusi) sebesar 50,00%.


Sesuai dengan pernyataan tanggal 19 November 2021 Equity Global International Limited selaku Pemegang Saham Utama Perseroan dengan kepemilikan 67,76% akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya yakni sebesar 5.051.396.464 HMETD dengan memperhatikan harga pelaksanaan Sebesar Rp165 per saham, senilai Rp833.480.416.560.


Selanjutnya bila terdapat sisa saham dalam PMHMETD ini akan dialokasikan terlebih dahulu kepada para pemegang HMETD yang telah melaksanakan HMETD nya dan mengajukan pemesanan tambahan, dan bila masih terdapat sisa saham dalam PMHMETD, maka Equity Global International Limited akan menjadi Pembeli Siaga atas sebagian dari sisa saham yang tidak diambil bagian oleh pemegang saham lainnya sejumlah sebanyak-banyaknya 1.615.270.203 Saham Seri C dengan nilai nominal Rp100 dengan harga pelaksanaan sebesar Rp165 senilai Rp266.519.583.495.


Apabila setelah alokasi pemesanan saham tambahan, dan pelaksanaan pembelian sisa saham dari Pembeli Siaga masih terdapat sisa saham maka saham tersebut tidak akan diterbitkan dari portepel.


Seluruh dana yang diperoleh GSMF dari hasil PMHMETD ini setelah dikurangi dengan seluruh biaya emisi akan digunakan Perseroan.


Untuk meningkatkan investasi saham pada PT Bank Ganesha Tbk Entitas Asosiasi yang saat ini dimiliki oleh Perseroan sebesar 29,86% dalam rangka memenuhi ketentuan modal inti minimum yang disyaratkan pada PT Bank Ganesha Tbk sebesar Rp1 triliun.


Selanjutnya setelah dikurangi dengan penggunaan dana untuk investasi pada PT Bank Ganesha Tbk, maka alokasi penggunaan dana yang diperoleh dalam rangka PUT V ini akan digunakan


Sebesar 4,5% dari dana PMHMETD untuk penambahan investasi saham pada PT Equity Life Indonesia Entitas Anak Perseroan dengan kepemilikan secara langsung dan tidak langsung sebesar 95,34 %. PT Equity Life Indonesia akan mengunakan dana untuk mendukung kegiatan operasional.


Sebesar 1% untuk menambah modal kerja dalam bentuk pinjaman di PT Equity Finance Indonesia Entitas Anak Perseroan dengan kepemilikan secara langsung dan tidak langsung sebesar 100%. Sedangkan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja Perseroan.