EmitenNews.com - Keren pidato pertama Laksmi Shari De-Neefe Suardana setelah terpilih sebagai Puteri Indonesia 2022. Perempuan yang akrab disapa Laksmi Suardana itu, menyatakan siap melebarkan sayap menjadi Miss Universe 2022. Wakil Bali ini mengungguli 43 finalis di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (28/5/2022) malam.


"Dan saya siap untuk pergi ke Miss Universe 2022," ujar Laksmi Suardana, di akhir pidato singkatnya setelah penobatannya.


Runner-up 1 Puteri Indonesia diraih oleh Cindy May MC Guire (DKI Jakarta 5) dan runner-up 2 Puteri Indonesia jatuh kepada Adinda Creshella (Jawa Timur).


Sebagai pemenang, Laksmi Suardana menerima Mahkota Borobudur yang diserahkan oleh Ayu Maulida Puteri Indonesia 2020. Dengan begitu tugas Ayu pun berpindah tangan kepada Laksmi.


"Semoga penerus saya bisa terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ujar Ayu Maulida saat Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia.


Laksmi Suardana mengatakan tidak menyangka bisa terpilih sebagai Puteri Indonesia 2022. Ia mengaku baru pertama kali mengikuti salah satu ajang beauty pageant bergengsi di Tanah Air ini.


"Terima kasih Indonesia untuk memilih saya sebagai Puteri Indonesia 2022. Ini pertama kali saya mengikuti audisi Puteri Indonesia. Terimakasih buat support dari pageant lovers, dan keluarga saya hingga saya bisa terpilih. Aku berdiri di sini malam ini, dan aku persembahan untuk Bali," kata Laksmi Suardana.


Sebagai Puteri Indonesia 2022, gadis asal Ubud, Bali ini akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2022. Kemudian, Cindy akan berlaga pada Miss International 2022 dan Adinda di Miss Supranational 2022.


Total finalis Puteri Indonesia 2022 yang melenggang di acara grand final sebanyak 44 orang. Para finalis kemudian disaring menjadi 11 dan 6 besar hingga akhirnya mencapai tiga kandidat utama.


Dalam seleksi tiga besar, keenam finalis Indonesia ini ditugaskan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri. Di antaranya, masalah stunting yang dikemukakan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pemindahan Ibu Kota Negara, pariwisata Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika hingga arti kecantikan.


Sebelumnya, seluruh finalis telah melakukan berbagai kegiatan. Mereka mengikuti mulai dari kelas kecantikan hingga pembekalan dari BNN, KPK, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta BPOM guna persiapan malam puncak.


Selain itu juga diberikan sesi psikotes bersama psikolog Poppy Amalya untuk menjadi sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik) dan Behavior (berperilaku baik).


Selain tiga pemenang itu, ada beberapa gelar yang diberikan kepada puteri lainnya. Yakni tiga predikat Puteri Indonesia Intelegensia untuk Adinda Creshella (Jawa Timur), Magiana Ignasia Sinaga (Kalimantan Timur) dan Fransisca Oktaviani Hardi Putri (Kalimantan Selatan). ***