EmitenNews.com - Agung Podomoro, salah satu pengembang properti di Indonesia, telah mengadakan penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian fasilitas Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA) dengan dua bank BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN). 

Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung percepatan sektor riil dengan meningkatkan permintaan dan investasi di sektor properti, serta mempercepat penyaluran kredit ke sektor properti nasional.

Penandatanganan dilakukan oleh Corporate Marketing Director PT Agung Podomoro Land Tbk., Agung Wirajaya, Executive Vice President BRI, R. Madya Yanuar, dan Mortgage & Secure Loan Division Head BTN, Mochamad Yut Penta. Kolaborasi ini diharapkan dapat memenuhi tingginya permintaan rumah dan apartemen dengan sistem pembiayaan kredit (KPR/KPA).

Agung Wirajaya menyatakan bahwa meskipun suku bunga acuan (BI rate) naik menjadi 6,25%, pihaknya optimis pasar properti tetap positif. Insentif pemerintah berupa pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) dan DP 0% untuk pembelian rumah baru juga mendorong permintaan, terutama untuk segmen rumah tapak.

“Kami optimis dengan adanya kolaborasi strategis antara pengembang, perbankan, dan pemerintah melalui berbagai insentif, kinerja pembiayaan properti nasional akan tetap positif hingga akhir tahun ini. Proyeksi Real Estate Indonesia (REI) juga memperkirakan sektor properti nasional akan tumbuh hingga 10% pada 2024,” kata Agung dalam keterangannya, Kamis (30/5).

Agung juga menambahkan bahwa bersama BRI dan BTN, Agung Podomoro berkomitmen menggerakkan perekonomian nasional dengan menyediakan alternatif pembiayaan yang mudah dan nyaman untuk berbagai proyek properti mereka. Pembelian properti dengan sistem kredit masih menjadi pilihan utama masyarakat.

Madya Yanuar dari BRI mengatakan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi segmen milenial, yang sebagian besar adalah pembeli rumah pertama. BRI menawarkan keringanan angsuran dengan jangka waktu kredit hingga 25 tahun.

“Kami membantu nasabah mendapatkan pembiayaan rumah yang mudah, angsuran yang terjangkau, dan proses legalitas yang terjamin,” ujar Madya.

Mochamad Yut Penta dari BTN menambahkan bahwa permintaan rumah masih tinggi dan KPR menjadi alat utama untuk pembelian properti. BTN menawarkan suku bunga kompetitif, proses cepat, dan tim khusus untuk melayani nasabah Agung Podomoro.

“Kerja sama ini memberikan berbagai opsi produk KPR seperti fixed rate 1 tahun 2,99% dan fixed and cap mulai dari 3,25% untuk tiga tahun pertama, serta didukung tim penjualan di enam lokasi strategis di Indonesia,” ujar Penta.

Pembelian properti Agung Podomoro dengan KPR/KPA dari BRI dan BTN akan mendapatkan kemudahan berupa instant atau one day approval, minimal DP 10%, bebas biaya provisi dan administrasi, serta biaya KPR hingga 5% dari limit kredit. Promo ini berlaku untuk akad kredit hingga 30 Juni 2024.