EmitenNews.com - Ameksa Permata Abadi (APA) muncul sebagai pemegang saham di atas 5 persen HK Metals Utama (HKMU). Perusahaan beralamat di Jalan Raya Mayor Oking Jaya Atmaja Nomor 63, Ciriung, Cibinong, Bogor, Jawa Barat itu, menjala 270 juta eksemplar.


Aksi pembelian APA itu, dibidani UOB Kay Hian Sekuritas. Menyusul perampungan transaksi itu, APA menjadi pengoleksi saham HK Metals Utama lebih dari 5 persen tepatnya 8,38 persen. 


Cuma, transaksi di pasar negosiasi tersebut tidak dibarengi dengan data lengkap. Investor tidak bisa mengetahui pada harga berapa APA menyerok saham perseroan. Termasuk nilai keseluruhan transaksi, dan tujuan dari transaksi tersebut juga masih gelap. 


Nah, kalau menilik harga terkini saham HK Metals berayun di kisaran Rp50 per lembar, aksi pembelian APA tersebut bisa bernilai sekitar Rp13,5 miliar. Namun, kalkulasi tersebut masih sangat spekulatif, dan tidak bisa dijadikan jujukan untuk sebuah keputusan investasi. 


Per 30 November 2022, pemegang saham di atas 5 persen HK Metals utama nihil. Masyarakat 3,21 miliar lembar alias 99,9 persen, dan Rudi Ramdhani 3,2 juta helai atau setara dengan 0,1 persen. (*)