EmitenNews.com - Ari Lasso sudah pulang ke rumah, Selasa (8/2/2022). Sang penyanyi baru saja merampungkan rangkaian pengobatan kanker limfoma yang dijalaninya di rumah sakit sejak September 2021. Mantan vokalis Dewa 19 itu, ditangani Rino Alvani Gani, profesor dan dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Premier Bintaro. Kini, ia akan menuntaskan pemulihan di rumah dikelilingi sanak keluarga tercinta, usai perjuangan panjang enam kali kemoterapi. 


Ari Lasso mengunggah video yang mengabadikan dirinya keluar dari ruang perawatan, disertai keterangan unggahan video di halaman Instagramnya: "Pulang aahh, lanjut recovery di rumah. Makasih doa-doanya. Itu sangat berarti banget."


Memakai jaket hitam yang dibiarkan terbuka, bermasker, dengan bungkus kepala sejenis buff yang menutupi kepala plontosnya, Ari Lasso berjalan, melenggang melewati lobi rumah sakit. Senyumnya mengembang, tanda tubuhnya sudah terasa lebih nyaman. "Kita pulang ya. Pertama kali keluar rumah sakit enggak pakai kursi roda ya." Ial mengacupkan dua jempolnya, disertai suara sang istri, Vita Dessy Catur Purnama. "Hebat Mas Ari."


Ari Lasso juga sempat mengunggah foto yang memperlihatkan penampilannya saat ini. Ia mengikuti gaya Yuke Sampurna, bassist Dewa 19 yang melekat dengan ciri khas mengenakan kain untuk menutupi kepala botaknya. "Kira-kira demikianlah penampakan sore ini." Ia pasti merindukan penampilan dengan rambut gondrongnya selama ini.


Pada 8 September tahun lalu, Ari Lasso mengumumkan mengidap kanker limfoma stadium 2, saat menjadi tamu di podcast Deddy Corbuzier. "Jadi ada sebuah infeksi besar atau cairan besar dicitrakan oleh USG di belakang lambung gue, diduga infeksi tersisa di limpa.”


Bagusnya, dia mengaku bersemangat sembuh dengan didampingi orang-orang terkasih. Selain istrinya, ada dua kakaknya, yakni Hanita Lasso dan Niken Kristiana, yang rela berbulan-bulan pamit dari keluarga untuk menemani adik kesayangan mereka menjalani pengobatan di rumah sakit. Mereka-lah yang bahu-membahu menjaganya 24 jam sehari.


Masih dalam perawatan, pada Selasa (18/1/2022), Ari Lasso sempat merayakan ulang tahun ke-49. Banyak sahabat terus memberikan dukungan sekaligus mengucapkan selamat ulang tahun. Ari membuat unggahan untuk mengucapkan terima kasih kepada sahabat dan keluarga yang terus menyemangatinya melalui proses pengobatan kanker limfoma.


Ari Lasso menjalani kemoterapi sampai enam kali untuk penyembuhan kankernya. Rambutnya mengalami kerontokan hingga membuatnya botak. Ia pun memotong rambutnya sampai plontos. "Sekian bulan lalu ketika memotong rambut memantapkan diri menjalani kemoterapi. Gak kerasa wktu berlalu udah ultah lagi."


Saat merayakan ultah itu, rambutnya sudah mulai tumbuh. Ari Lasso sempat memamerkan rambutnya yang sudah tumbuh kembali, setelah selama ini ditutup topi kupluk untuk menutupi kepalanya yang plontos. 


Lewat momen ulang tahun menjelang setengah abad itu, dengan sejumlah perawatan yang harus terus dijalaninya, Ari Lasso terus memelihara semangatnya untuk sembuh. "Terlalu banyak pelajaran di ultah ini. Thanks my LORD GOD ..thankyou thankyouuu GOD ... ill be back stronger." ***