Sebelum merger antara PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (.SMBC Indonesia.) pada 2019, SMBC Indonesia telah memulai pembiayaan proyek hijau, salah satunya proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Hasang di Toba Samosir, Sumatra Utara, yang dianugerahi .Renewable Energy Deal of The Year., atau proyek terbarukan terbaik, oleh The Asset pada 2018.

 

Selain itu, sebelumnya Bank BTPN bersama induk usaha SMBC juga membiayai proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap.sebuah ladang angin pertama di Indonesia dengan kapasitas 75 MW.Pembangkit Listrik Tenaga Air Asahan, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sarulla, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Cirata.

 

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Cirata merupakan proyek pembangkit tenaga surya skala besar pertama di Indonesia. Atas pembiayaan hijau yang diberikan, Bank BTPN dan induk usaha SMBC mendapat tiga buah penghargaan dari The Asset Triple A Infrastructure Awards 2021 untuk .Renewable Energy Deal of The Year-Wind. untuk pembiayaan proyek di Sidrap, "Renewable Energy Deal of The Year-Hydro" untuk pembiayaan proyek di Asahan, dan "Project Finance House of the Year".