EmitenNews.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) selaku UPT Kementerian Pertanian RI mendukung upaya peningkatan kemampuan fasilitator petani milenial di Kalimantan. BBPP Binuang mendukung Pelatihan Pendampingan Literasi Keuangan bagi Staff Bussiness Development Service Providers (BDSP) dan Fasilitator Muda dari Program YESS.


Kegiatan pelatihan berlangsung hingga Jumat (16/4/2022) setelah dibuka oleh Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati di Kampus BBPP Binuang, Rabu (13/4/2022). Yulia AK mengingatkan pentingnya pelatihan tersebut, sehingga fasilitator dari tiga kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) yakni Banjar, Tanah Bumbu dan Tanah Laut, diminta sungguh-sungguh mengikuti pembelajaran.


“Saya berharap, peserta pelatihan dari tiga kabupaten mampu mengimplementasikan rangkaian pembelajaran di lapangan nantinya,” kata Yulia AK dalam sambutannya yang disampaikan Kabag Umum BBPP Binuang, Arfan Sulaiman Korompot.


Upaya tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa Program YESS Kementan terus mendorong dan meningkatkan minat generasi milenial menekuni sektor pertanian dan berperan aktif membangun pertanian. Harapannya, dari petani-petani milenial akan muncul inovasi yang mendorong pertanian modern, sehingga swasembada pangan di negara kita nantinya benar-benar terwujud.


Kementerian Pertanian RI khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus membangun sinergitas dengan berbagai pihak di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota guna mendukung keberhasilan program regenerasi petani di Indonesia.


Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan pihaknya mendukung peningkatan kualitas SDM pertanian, utamanya regenerasi petani. "Kami gerakkan petani milenial melalui balai pelatihan pertanian serta politeknik pembangunan pertanian. Kami ciptakan job seeker dan job creator yang siap memompa kreativitas dan produktivitas."


Project Manager dari Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel, Angga Tri Aditia mengingatkan peran fasilitator memberikan pendampingan terhadap pelaku pertanian di wilayah Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). ***