EmitenNews.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), kembali menjadi Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Bank Pembayaran untuk periode 2024-2029.

Kerja sama ini bertujuan memperkuat sinergi antara lembaga perbankan dan pasar modal, mendukung perkembangan infrastruktur transaksi, serta meningkatkan efisiensi dan kenyamanan para investor.

Seremoni penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh Direktur BCA John Kosasih, Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi, Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat, serta perwakilan dari 22 bank lain yang ditunjuk sebagai Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran, di Jakarta, Jumat (19/7).

Direktur BCA John Kosasih menyatakan, “Kami sangat bangga dan berterima kasih atas kepercayaan KSEI kepada BCA sebagai Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran untuk periode 2024-2029. Kerja sama ini menunjukkan komitmen BCA dalam mendukung perkembangan pasar modal di Indonesia. Kami siap memberikan layanan terbaik dengan menghadirkan platform transaksi yang aman dan andal, sekaligus menjadi solusi relevan bagi para investor dan nasabah.”

Kerja sama antara BCA dan KSEI sebagai Bank Pembayaran telah berlangsung sejak 2005. BCA memastikan setiap transaksi di pasar modal berjalan lancar melalui sistem pembayaran yang efisien, sehingga transaksi dapat diselesaikan tepat waktu. Kolaborasi dengan KSEI diharapkan dapat memberikan kenyamanan optimal bagi nasabah dan investor dalam bertransaksi di pasar modal.

BCA juga telah menjadi Bank Administrator RDN sejak 2011. BCA tidak hanya mengadministrasikan rekening dana nasabah, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan nasabah mengakses informasi terkait saldo dan mutasi rekening dana nasabah melalui myBCA, BCA Mobile, dan KlikBCA. Selain itu, e-channel BCA telah terintegrasi dengan fasilitas Akses KSEI untuk menampilkan saldo efek dan saldo RDN konsolidasi. Peran Bank RDN sangat penting dalam menciptakan iklim investasi yang positif, meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di pasar modal, serta memberikan transparansi guna membangun lingkungan investasi yang aman dan nyaman.

“BCA akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan perbankan untuk memberikan solusi dan layanan terbaik kepada para investor dan nasabah. Kami berkomitmen mendukung perkembangan pasar modal melalui kerja sama yang solid dengan KSEI, dan kami berharap masyarakat dapat bertransaksi di pasar modal dengan lebih mudah dan nyaman, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan industri pasar modal Indonesia,” tutup John Kosasih.