EmitenNews.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara (suspensi) atas perdagangan saham PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mulai sesi I hari ini Selasa (14/12).

 

Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada Saham TOBA, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M. Panjaitan menuturkan, dalam rangka cooling down, Bursa memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham TOBA tersebut, pada perdagangan tanggal 14 Desember 2021.

 

"Penghentian sementara perdagangan Saham TOBA tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham TOBA," ucapnya.

 

Selain itu, Bursa mengimbau bagi para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan.

 

Pada penutupan perdagangan  Senin (13/12) kemarin, saham PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) tercatat ditutup menguat 5,02% atau naik 60 point ke harga Rp1.225 per saham.

 

Jika dibandingkan perdagangan pada Rabu (1/12) lalu TOBA masih  berada di harga Rp870 per saham, maka hingga penutupan Senin (13/12), saham TOBA telah mengalami peningkatan harga hingga 40,8% dari awal Desember ini.

 

Sebelumnya pada 23 November 2021 lalu Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memberi warning saham TOBA karena telah  terjadi  peningkatan  harga  saham  TOBA  yang  di  luar kebiasaan (Unusual Market Activity).