EmitenNews.com - Bagaimana membaca pertemuan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan pengamat politik, Rocky Gerung. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kediaman Om Rocky itu, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022). Pertemuan putra Jokowi dengan pengkritik aktif Presiden Jokowi itu, menarik. Apalagi sebelumnya beredar luas video dialog Rocky Gerung dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Pertemuan Gibran dengan akademisi yang disapanya Om Rocky itu, diketahui dari foto yang dikirim Gibran kepada wartawan. Dalam foto tersebut Gibran yang mengenakan jaket berwarna hijau army, dan Om Rocky dalam balutan kaos berkerah warna biru tua, nampak berada di sebuah bangunan semi terbuka seperti gazebo dari kayu. Keduanya tersenyum menghadap kamera.


“Itu foto tadi. Di rumah Om Rocky, di Sentul,” ungkap Gibran kepada pers.


Di dinding bagian atas bangunan itu terdapat tumpukan buku cukup banyak. Rocky Gerung pernah menceritakan, pada hampir seluruh bagian rumahnya itu, terdapat buku-buku, yang senantiasa dibacanya jika kebetulan berada di situ.


Silakan berimajinasi atas pertemuan itu. Terlalu naif kalau kita bilang, keduanya sekedar menjalin silaturahim. Pasalnya, selama ini Rocky Gerung dikenal sebagai tokoh publik yang sangat vokal mengkritik kebijakan-kebijakan Jokowi. Jumat ini, putra Jokowi berbincang serius dengan sang pengamat, yang diakuinya sebagai salah satu tokoh yang dikaguminya.


Asal tahu saja, Gibran mengaku berbincang lama dengan Om Rocky dalam pertemuan tersebut. Ayah dua anak itu, menyatakan membahas banyak hal saat itu. Tetapi, dia enggan merinci materi pembahasan mereka, meski menyebut beberapa materi pembahasan mereka tentang politik dan leadership.


Satu yang pasti, Gibran mengaku lebih banyak mendengar paparan dan nasihat dari Rocky Gerung. Ia menempatkan diri sebagai anak muda, yang menerima banyak masukan dari tokoh berpengalaman. “Saya lebih sebagai pendengar saja. Menerima masukan-masukan dari beliau. Banyak masukan. Intinya saya lebih banyak sebagai pendengar dalam pertemuan dengan Om Rocky itu.”


Gibran menyatakan mendapatkan banyak insight selama berbincang dengan Rocky Gerung itu. Hal tersebut diyakininya akan berguna baginya selama menjalankan tugas-tugas sebagai Wali Kota Solo. “Banyak sekali insight dari beliau. Saya belajar banyak hari ini.”


Sementara itu, video saat Rocky Gerung sebagai host, mewawancarai tamunya, Menko LBP yang sudah beredar beberapa hari lalu, tidak kalah menarik, dan cukup menimbulkan banyak tafsir. Terlihat Rocky sedikit agak kagok, mungkin karena posisinya sebagai host.


Seperti biasa Menteri Luhut tampil percaya diri. Pensiunan jenderal TNI AD bintang empat itu, mengaku bisa menerima, dan memahami Rocky Gerung dengan segala kritik, dan pernyataan-pertanyaannya yang nyelekit. Termasuk melontarkan kata-kata d*ngu saat menilai kebijakan-kebijakan Presiden Jokowi. Kata LBP tidak apa-apa kita hidup dalam perbedaan pendapat, selama semua menempatkannya untuk kepentingan bangsa, dan negara. ***