EmitenNews.com - Bingung betul Shin Tae-yong. Pelatih timnas Indonesia itu merasa kecolongan dan bingung setelah delapan pemainnya terkonfirmasi positif Covid-19. Karena itu, saat melakoni laga uji coba kedua melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1/2022), Timnas Indonesian hanya membawa total 16 pemain. Seusai pertandingan tersebut, pria asal Korea Selatan itu, mengungkapkan bahwa 8 pemain Garuda positif Covid-19.


Dalam keterangannya yang dikutip Senin (31/1/2022), Shin Tae-yong menyebutkan, bagaimana tidak bingung. Pasalnya, setiap hari melakukan tes PCR dan mencoba lebih ketat mengawasi para pemain. Tetapi, akhirnya delapan pemain terpapar virus yang awalnya dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu. Akibatnya, mereka tidak bisa ikut pertandingan.


Lebih bingung, dan kecolongan lagi, karena menurut Shin Tae-yong, selama ini ia merasa timnya selalu mematuhi protokol kesehatan kala menjalani pemusatan latihan.  "Sebenarnya protokol kesehatan sangat kami patuhi, tetapi dengan kejadian ini, saya sendiri pun bingung."


Bagusnya, timnas Indonesia tetap mampu meraih kemenangan atas Timor Leste meski sebagian pemainnya absen karena Covid-19. Skuad Garuda menang telak 3-0 berkat gol-gol Terens Puhiri, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya.


Ini merupakan kemenangan kedua Indonesia atas Timor Leste pada laga uji coba yang termasuk dalam agenda FIFA Matchday. Sebelumnya, Indonesia juga menang 4-1 pada laga pertama yang berlangsung Kamis pekan lalu. 


Ricky Kambuaya saat itu membuka keran gol Indonesia, sebelum Pratama Arhan membawa Merah Putih berbalik unggul 2-1. Dua gol Indonesia lainnya tercipta berkat gol bunuh diri pemain Timor Leste, Gergino Jose Alexandro Mendonca da Silva serta Filomeno. 


Dua kemenangan ini membuat Indonesia sekarang berada di peringkat ke-160 FIFA dengan koleksi 1001,61 poin. Indonesia menggusur Singapura yang kini turun satu tangga ke posisi 161 (1000,78 poin). ***