EmitenNews.com - Anak usaha Pyridam Farma (PYFA) mendapat pinjaman USD5 juta. Itu setara Rp242,61 miliar dengan asumsi kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada 16 Juli 2024 senilai Rp16.174 per USD1. Fasilitas itu mengalir dari the Hongkong and Shanghai Banking Corporation Ltd, Cabang Singapura.

Dana taktis itu, memenuhi kas anak usaha perseroan yaitu Pyfa Health Singapore Pte. Ltd. Pyfa Singapura, perusahaan terkendali perseroan. Di mana, 99,99 persen persen saham Pyfa Health Singapore dimiliki oleh perseroan.

Pinjaman itu, dibalut dengan tingkat suku bunga akan mengikuti cost of funds dari bank ditambah dengan margin yang berlaku sebesar 1,50 persen per tahun atau tingkat suku bunga lain yang diberitahukan oleh bank secara tertulis.  

Pinjaman itu, dijamin oleh seluruh aset milik Pyfa Singapura termasuk instrumen keuangan seperti surat berharga dan surat obligasi, logam mulia, piutang, dan properti.

Pemberian fasilitas pinjaman kepada Pyfa Singapura dimaksudkan sebagai investasi umum atau suatu tujuan lain sebagaimana disetujui bank. Tidak ada dampak material dari kejadian, informasi, atau fakta material terhadap kondisi keuangan perseroan, kecuali adanya kewajiban pembayaran bunga, dan pokok pinjaman oleh Pyfa Singapura berdasar perjanjian pinjaman. (*)